Blokade Israel dapat picu kelaparan di Gaza karena toko roti tutup

id Palestina, Pengepungan, Kelaparan, Gaza

Blokade Israel dapat picu kelaparan di Gaza karena toko roti tutup

Arsip footo - Seorang anak terlihat menangis diantara kerumunan saat menunggu mendapatkan makanan panas yang didistribusikan oleh badan dan organisasi amal di Kota Gaza, Gaza pada 26 Februari 2024. (ANTARA/Anadolu/pri.)

Lima dari enam toko roti di Gaza utara tutup karena blokade Israel terhadap masuknya bahan bakar dan bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat roti...
Kota Gaza (ANTARA) - Warga Palestina memperingatkan kemungkinan terjadinya kelaparan di Jalur Gaza utara karena blokade Israel yang terus berlanjut memaksa lima dari enam toko roti yang beroperasi di wilayah tersebut tutup.

"Lima dari enam toko roti di Gaza utara tutup karena blokade Israel terhadap masuknya bahan bakar dan bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat roti," kata Kamel Ajjour, seorang pemilik toko roti, kepada Anadolu pada Minggu, (16/9).

"Toko roti kami adalah satu-satunya yang masih beroperasi di daerah ini dan kemungkinan akan tutup dalam waktu sepekan jika Israel terus memblokir masuknya bahan bakar dan pasokan bahan-bahan penting," katanya memperingatkan.


Ajjour menekankan bahwa bahan bakar belum dikirim ke toko roti di Gaza utara selama lebih dari 10 hari.

"Suplai bahan-bahan penting seperti tepung, gula dan ragi telah berkurang secara signifikan selama hampir satu bulan," katanya, seraya memperingatkan kemungkinan terjadinya krisis roti yang parah jika toko rotinya juga menghentikan operasinya di Gaza utara.

Ajjour mengimbau organisasi-organisasi internasional, termasuk PBB, untuk segera melakukan intervensi guna mencegah terjadinya kelaparan di Gaza utara dan melakukan pengiriman cepat bahan bakar dan material penting guna menopang produksi roti di daerah kantong tersebut.

Israel tanpa henti melancarkan serangan brutalnya ke Gaza sejak kelompok perlawanan Hamas pada Oktober lalu melintasi perbatasan, meski resolusi Dewan Keamanan PBB menuntut gencatan senjata segera.

Lebih dari 41.200 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak saat itu tewas dan lebih dari 95.300 lainnya luka-luka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah menyebabkan hampir seluruh penduduk di wilayah itu mengungsi, di tengah blokade yang terus berlangsung yang menyebabkan kelangkaan parah bahan makanan, air bersih dan obat-obatan.

Israel menghadapi tuduhan melakukan genosida dari Mahkamah Internasional atas aksinya di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Pejuang Palestina: Tidak ada kesepakatan dengan Israel tanpa gencatan senjata

Baca juga: Hamas bilang tetap berpegang pada usulan gencatan senjata Biden dan DK PBB








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Blokade Israel bisa memicu kelaparan di Gaza karena toko roti tutup