PLN pulihkan 42 gardu yang rusak akibat puting beliung

id PLN

PLN pulihkan 42 gardu yang rusak akibat puting beliung

Petugas PLN melakukan pemulihan jaringan listrik pada rumah-rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Liliba dan Kelurahan Penfui, Kota Kupang, Senin (4/3). (ANTARA Foto/Humas PLN Wilayah NTT).

PT PLN (Persero) Wilayah NTT berhasil memulihkan 42 gardu listrik yang rusak akibat diterjang angin puting beliung yang melanda pemukiman warga di Kelurahan Liliba dan Penfui, Kota Kupang pada Kamis (28/2).
Kupang (ANTARA NTT) - PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur berhasil memulihkan 42 gardu listrik yang rusak akibat diterjang angin puting beliung yang melanda pemukiman warga di Kelurahan Liliba dan Penfui, Kota Kupang pada Kamis (28/2).

"Semua gardu jumlahnya sekitar 42 buah yang terkena dampak puting beliung beberapa hari lalu sudah kami pulihkan sehingga pasokan listrik ke rumah-rumah sudah berjalan normal kembali," kata General Manager PT PLN Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko di Kupang, Senin (4/3).

Ia mengatakan jumlah pelanggan yang terkena dampak gangguan pasokan listrik akibat bencana puting beliung itu mencapai sekitar 3.400 rumah tangga.

Rendroyoko mengatakan setelah bencana alam berupa angin puting beliung itu terjadi, pihaknya langsung mengerahkan sekitar 20 personel ke lapangan untuk melakukan pendataan hingga pemulihan gardu dan jaringan listrik.

"Sampai hari ini kami masih siagakan empat regu di lapangan untuk lakukan pemulihan untuk beberapa rumah yang belum menyala," kata dia.

Bencana alam berupa angin puting beliung itu telah memorak-porandakan sekitar 162 rumah warga yang tersebar di Kelurahan Liliba dan 22 rumah warga di Kelurahan Penfui.

Baca juga: Puting beliung masih berpotensi terjadi di NTT

Rendroyoko mengatakan sebagian besar jaringan lisrik ke rumah-rumah warga sudah dipulihkan dan hingga hari ini masih tersisa sekitar 20-an rumah.

"Untuk rumah warga yang belum dilakukan perbaikan jaringan, kami masih menunggu perbaikan rumahnya baru listriknya bisa diinstalasi kembali," kata dia.

Pihaknya mengimbau kepada warga setempat, apabila ada gangguan listrik di rumah-rumah yang listriknya sudah tersambung, agar segera menghubungi PLN melalui nomor 123 dengan kode area 0380, maupun melalui aplikasi PLN Mobile.

Berdasarkan laporan tersebut, petugas PLN segera melakukan tindak lanjut supaya pasokan listrik kepada pelanggan segera pulih.

Baca juga: Pemprov NTT bantu seng & kayu untuk korban puting beliung
Baca juga: TNI merehab rumah korban puting beliung