Disdukcapil kebut rekam data e-KTP jelang Pemilu 2019

id KTP-el

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kupang Daniel Takain. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Dinas Dukcapil Kabupaten Kupang mulai kebut melakukan perekaman data e-KTP agar bisa menjangkau 108.573 pemilih yang belum ber-KTP sehingga bisa diakomodir dalam Pemilu 2019.
Kupang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kupang mulai kebut melakukan perekaman data e-KTP agar bisa menjangkau 108.573 pemilih yang belum ber-KTP sehingga bisa diakomodir dalam Pemilu 2019.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kupang Daniel Takain ketika ditemui Antara di Oelamasi, Kamis (21/3) mengakui bahwa masih tercatat sekitar 108.573 pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP.

"Kami targetkan proses perekaman data KTP elektronik terhadap 108.573 orang sudah tuntas menjelang pelaksanaan pemilu serentak pada 17 April 2019," katanya.

Daniel mengatakan pihaknya tidak hanya melakukan perekaman data e-KTP di tingkat kecamatan, tetapi juga menyisir semua desa di wilayah Kabupaten Kupang yang berbatasan langsung dengan Distrik Oecusse, Timor Leste itu.

Berdasarkan data yang ada pada Disdukcapil Kabupaten Kupang, jumlah penduduk wajib e-KTP di Kabupaten Kupang tercatat 306.759 orang, dan yang telah melakukan perekaman data KTP elektronik sebanyak 198.000 lebih atau sudah mencapai 64,61 persen.

"Masih ada sekitar 108.573 orang yang belum melakukan perekaman data e-KTP sehingga harus segera diselesaikan sebelum pelaksanaan pemilu serentak pada 17 April 2019," katanya.

Daniel menambahkan proses perekaman data e-KTP di desa-desa yang ada dalam wilayah administratif Kabupaten Kupang sudah memasuki putaran kedua setelah sebelumnya dilakukan pada 2018.

"Warga yang belum melakukan perekaman e-KTP memang masih cukup banyak. Kami menduga mereka sudah pindah domisili, namun kami tetap berupaya untuk menyisirnya sampai tuntas," katanya menegaskan.

Baca juga: Disdukcapil menyisir sekolah-sekolah untuk rekam e-KTP
Baca juga: Perekaman e-KTP di Kabupaten Kupang terkendala banjir
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar