Alor diguncang gempa berskala dangkal

id gempa bmkg alor

Kepala BMKG Kampung Baru Kupang, Robert Owen Wahyu. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Kabupaten Alor di wilayah Provinsi NTT, Kamis (21/3) pagi sekitar pukul 09:53:44 WITA, diguncang gempa bumi tektonik berskala dangkal, 4,2 skala Richter (SR), dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
Kupang (ANTARA) - Kabupaten Alor di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (21/3) pagi sekitar pukul 09:53:44 WITA, diguncang gempa bumi tektonik berskala dangkal, yang hanya mencapai 4,2 skala Richter (SR), dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala BMKG Kampung Baru Kupang Robert Owen Wahyu mengatakan berdasarkan hasil analisis BMKG Kupang, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.35 Lintang Selatan (LS)-125.12 Bujur Timur (BT), sekitar 63 km tenggara Kabupaten Alor dengan kedalaman 10 km.

Akibatnya penjalaran, getaran gempa itu dirasakan juga oleh masyarakat Maritaing di wilayah Alor Timur pada skala II-III MMI.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Belu Utara.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Hingga pukul 11.10 WITA, kata Robert Owen Wahyu, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca juga: Sumba Barat Daya diguncang gempa berskala 4,9 SR
Baca juga: Gempa tektonik 4.7 SR guncang Timor Tengah Utara
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar