Harga bawang putih diharapkan segera stabil kembali

id Bawang Putih

Harga bawang putih diharapkan segera stabil kembali

Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward (kiri), bersama sejumlah pejabat dan staf memantau harga dan pasokan bahan-bahan kebutuhan pokok pada salah satu pusat perbelanjaan modern Trans Mart Kupang, Rabu (8/5). (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

Harga komoditi bawang putih yang saat ini melonjak naik di berbagai daerah di Indonesia akan segera stabil kembali karena pemerintah akan menambah pasokannya.
Kupang (ANTARA) - Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional Dody Edward mengatakan harga komoditi bawang putih yang saat ini melonjak naik di berbagai daerah di Indonesia akan segera stabil kembali karena pemerintah akan menambah pasokannya.

"Dalam satu dua hari ke depan ini, harga bawang putih di seluruh tempat di Indonesia secara berangsur bisa segera kembali stabil pada kisaran Rp30.000/kg," kata Dody saat memantau perkembangan harga di pasaran Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (8/5).

Dodi Edward berada di Kota Kupang bersama sejumlah pejabat dan staf dari Kementerian Perdagangan untuk memantau perkembangan harga dan pasokan bahan-bahan kebutuhan pokok di pasar modern dan tradisional dalam bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

Ia mengakui bahwa kondisi harga komoditi bawang putih sudah meningkat tajam bahkan menembus hingga Rp80.000 per kilogram. Kenaikan harga bawang putih ini juga didapatinya saat melakukan pemantauan harga pada salah satu pusat perbelanjaan moderen Trans Mart Kupang.

"Kami sudah minta pihak Trans Mart supaya segera dicek pasokannya, misalnya, di Surabaya supaya nanti dikirim secepatnya ke Kupang dengan pasokan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa hingga Lebaran nanti," jelasnya.

Edward mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi di tingkat pusat terkait kondisi ini dan dipastikan harganya segera stabil kembali. "Sudah ada beberapa importir bawang putih yang memasukkan barangnya, sehingga saya kira harganya bisa segera stabil kembali," demikian Dody Edward.

Baca juga: Distribusi bawang dari Surabaya berkurang, picu kenaikan harga bawang di pasaran Kupang
Baca juga: Harga bawang putih tembus Rp70.000/kg