Pemerintah didesak segera atasi penyeberan hama belalang di Sumba

id hama belalang

Pemerintah didesak segera atasi penyeberan hama belalang di Sumba

Wakil Ketua DPRD NTT dari F-PDIP Yunus Takandewa. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

"Kami minta supaya pemerintah segera melakukan tindakan konkrit, untuk mengatasi penyebaran yang dapat menimbulkan dampak yang lebih besar," kata Yunus Takandewa.
Kupang (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur dari F-PDIP Yunus Takandewa mendesak pemerintah untuk segera mungkin melakukan tindakan konkrit dalam mengatasi penyebaran hama belalang yang saat ini menyerang tanaman petani di Kabupaten Sumba Timur.

"Kami minta supaya pemerintah segera melakukan tindakan konkrit, untuk mengatasi penyebaran yang dapat menimbulkan dampak yang lebih besar," kata Yunus Takandewa kepada Antara di Kupang, Jumat (24/5).

Ia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan serangan hama belalang kumbara terhadap tanaman petani di wilayah Sumba Timur sejak April 2019 lalu, namun sampai sejauh ini belum ditangani secara baik.

Menurut dia, pola penanganan hama belalang di Sumba pada tahun 2016, bisa dijadikan sebagai pembelajaran. "Hemat kami, pola penanganan pada tahun 2016 lalu bisa menjadi pembelajaran dengan melibatkan berbagai pihak, agar eskalasi penyebaran bisa ditekan sedini mungkin," katanya.

Anggota DPRD NTT daerah daerah pemilihan Sumba ini menambahkan, keterlambatan pemerintah dalam mengambil tindakan konkrit dapat berakibat pada meluasnya hama belalang di wilayah itu.

Dalam hubungan dengan itu, pemerintah provinsi dan kabupaten segera duduk bersama untuk menyiapkan langkah-langkah penanganan yang lebih agresif di lapangan.

"Kita tidak boleh menunggu sampai hama belalang ini menyebar ke wilayah lain, karena akan semakin sulit untuk melakukan pemberantasan," kata politisi dari PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Belalang kumbara kembali menyerang tanaman pertanian di Sumba
Baca juga: Pemerintah berupaya cegah serangan hama belalang di Sumba