Sumba Timur butuh bantuan pemerintah pusat untuk atasi hama belalang

id NTT,hama belalang,sumba timur

Sumba Timur butuh bantuan pemerintah pusat untuk atasi hama belalang

Bupati Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Khristofel Praing (Antara/Benny Jahang)

...Kedatangan Presiden Jokowi ke Sumba Timur menjadi kesempatan bagi kami untuk menyampaikan secara langsung tentang bencana serangan hama belalang yang hingga saat ini belum bisa diatasi
Kupang (ANTARA) - Bupati Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Khristofel Praing mengatakan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan pada Rabu (1/6/20222) menjadi momentum menyampaikan persoalan bencana hama belalang yang telah berlangsung puluhan tahun.

"Untuk mengatasi bencana ini dibutuhkan intervensi dari pemerintah pusat. Kedatangan Presiden Jokowi ke Sumba Timur menjadi kesempatan bagi kami untuk menyampaikan secara langsung tentang bencana serangan hama belalang yang hingga saat ini belum bisa diatasi," kata Bupati Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara, Khristofel Praing ketika dihubungi Antara dari Kupang, Selasa, (31/5/2022).

Sesuai rencana Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumba Timur untuk melihat secara langsung kegiatan pengembangan usaha komoditi sorgum usai melakukan kegiatan perayaan Hari Pancasila di Kabupaten Ende pada Rabu (1/6/2022).

Bencana serangan hama belalang yang sudah terjadi sejak tahun 1970 hingga saat ini belum bisa teratasi sehingga berdampak pada hasil tanaman petani menjadi berkurang.

"Kami berharap dengan kunjungan bapak Presiden Jokowi bisa ada solusi dalam mengatasi serangan hama belalang ini," kata Bupati Khristofel Praing.

Baca juga: BMKG: Wilayah Rambangaru Sumba Timur alami HTH kategori ekstrem panjang

Ia mengatakan hama belalang yang terjadi di wilayah Sumba Timur dan hampir di seluruh Pulau Sumba sudah menjadi hama yang mengancam dalam pembangunan sektor pertanian, sekalipun pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hama belalang namun masih terus meluas.

Baca juga: Presiden dijadwalkan kunjungi Sumba Timur pantau produksi sorgum

"Sehingga kami berharap ada intervensi pemerintah pusat dalam mengatasi hama belalang ini, karena jika diserahkan kepada pemerintah kabupaten maka tidak maksimal," tegasnya.