ASDP Kupang masih berlakukan sistem buka tutup pelayaran Kupang-Rote

id asdp

ASDP Kupang masih berlakukan sistem buka tutup pelayaran Kupang-Rote

Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, Burhan Sahim. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

PT ASDP Cabang Kupang masih memberlakukan sistem buka tutup pelayaran pada lintasan penyeberangan dari Pelabuhan Bolok Kupang ke Pelabuhan Pantai Baru Rote Ndao, karena keadaan gelombang laut yang belum bersahabat, .
Kupang (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang masih memberlakukan sistem buka tutup pelayaran pada lintasan penyeberangan dari Pelabuhan Bolok Kupang ke Pelabuhan Pantai Baru Rote Ndao, karena keadaan gelombang laut yang belum bersahabat, .

"Pemberlakukan sistem buka tutup ini karena kondisi gelombang di wilayah perairan Selatan Pulau Timor serta di Selat Pukuafu masih belum cukup kondusif untuk dilayari," kata Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, Burhan Sahim di Kupang, Selasa (4/6).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan pelayaran pada dua lintasan penyeberangan yang ditutup selama sekitar satu pekan terakhir ini dengan alasan cuaca serta kondisi gelombang laut yang tidak bersahabat.

Dua lintasan penyeberangan yang ditutup sejak 29 Mei 2019 itu jalur penyeberangan dari Pelabuhan Penyeberangan Bolok Kupang menuju Pelabuhan Pantai Baru di Rote Ndao serta lintasan penyeberangan Kupang-Sabu Raijua.

"Khusus untuk lintasan Kupang-Rote, mulai hari ini, Selasa(4/6), sudah mulai dibuka kembali, tetapi dengan sistem buka tutup. Tergantung kondisi cuaca," katanya menjelaskan.

Selain itu, pihaknya juga mengubah jam keberangkatan dari biasanya pukul 08.00 WITA menjadi pukul 05.00 WITA, untuk menyesuaikan kondisi di wilayah perairan laut sekitarnya.

Sementara untuk lintasan Kupang-Sabu Raijua belum bisa dilayani karena berdasarkan laporan BMKG, kondisi gelombang laut belum memungkinkan untuk dilayani kapal-kapal ferry. "Kami harapkan, paling lambat pada 6 Juni 2019, semua lintasan penyeberangan sudah bisa normal kembali," katanya.

Baca juga: Lima kapal ferry angkut mudik Lebaran
Baca juga: ASDP Kupang siapkan semua armadanya hadapi mudik Lebaran