Tahun depan, Bendungan Kali Dendeng sudah dibangun

id kali dendeng

Tahun depan, Bendungan Kali Dendeng sudah dibangun

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore (ketiga dari kanan) ketika melihat desain rencana pembangunan Bendungan Kali Dendeng di Kupang, Jumat (15/11/2019). (ANTARA FOTO/HO- Humas Setda Kota Kupang)

"Kami targetkan pembangunan Bendungan Kali Dendeng dan Air Sagu dilakukan pada 2020 sehingga persoalan kekurangan air bersih sudah bisa ditanggulangi secara bertahap mulai tahun depan," kata Jefrison Riwu Kore.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang menargetkan pembangunan Bendungan Kali Dendeng dan Air Sagu, yang menyerap dana Rp160 miliar, mulai dibangun pemerintah pusat pada 2020 untuk memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kami targetkan pembangunan Bendungan Kali Dendeng dan Air Sagu dilakukan pada 2020 sehingga persoalan kekurangan air bersih sudah bisa ditanggulangi secara bertahap mulai tahun depan," kata Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore kepada wartawan di Kupang, NTT, Jumat (15/11).

Ia mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyetujui anggaran pembangunan Bendungan Kali Dendeng dan Air Sagu sebesar Rp160 miliar.

Bahkan, menurut dia, pihak Kementerian PUPR telah melakukan persiapan untuk pembangunan kedua bendungan untuk air bersih di Kota Kupang itu.

Baca juga: Kata Gubernur Laiskodat, lokasi pengganti bendungan Kolhua masih dikaji
Baca juga: Bendungan Kolhua-Lambo masih masuk proyek strategis


"Kementerian PUPR telah melakukan survei di lapangan dan saat ini sedang melakukan persiapan desain untuk pembangunannya," kata Jefrison.

Pemerintah Kota Kupang optimistis pembangunan kedua bendungan untuk pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kota Kupang bisa terwujud pada 2020.

Menurut dia, persoalan kekurangan air bersih di Kota Kupang menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo sehingga dialokasikan dana bantuan pemerintah pusat sebesar Rp160 miliar untuk pembangunan dua unit bendungan dalam mengatasi kekurangan air bersih masyarakat.

"Kami yakin pembangunan kedua bendungan ini direalisasikan pada 2020 karena sudah dibahas beberapa kali dan anggarannya telah disetujui pemerintah pusat," kata Jefrison didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Yos Rera Beka.

Baca juga: Bendungan Kolhua Batal Dibangun
Baca juga: Pembangunan Bendungan Kolhua Terganjal Permainan Elite Politik