Terminal baru Bandara El Tari Kupang selesai tahun depan

id Bandara El Tari

Terminal baru Bandara El Tari Kupang selesai tahun depan

Pembangunan terminal Bandara El Tari Kupang diperkirakan akan berakhir pada Februari 2020. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).

"Terminal penumpang baru di bandara itu masih dalam penyempurnaan dan baru akan selesai seluruhnya pada Februari 2020," kata Barata Singgih..
Kupang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang yang sempat menyatakan bahwa pembangunan terminal bandara akan berakhir sebelum peringatan HUT NTT pada 20 Desember 2019 mendatang, akhirnya tidak terwujud.

"Terminal penumpang baru di bandara itu masih dalam penyempurnaan dan baru akan selesai seluruhnya pada Februari 2020," kata GM PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Barata Singgih kepada wartawan di Kupang, Senin (16/12)..

Barata mengatakan ada beberapa bagian di terminal yang harus disempurnakan demi peningkatan pelayanan dan keamanan bagi pengguna jasa bandara, sehingga target pencapaian dalam tahun ini, akhirnya molor sampai Februari 2020..

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan progres pembangunan terminal Bandara El Tari Kupang yang hingga saat ini baru mencapai 83-an persen, jauh dari target awal yang menyatakan akan selesai pada Desember 2019.

Barata mengatakan bahwa saat ini yang sedang dipasang adalah dua garbarata yang nantinya langsung menghubungkan penumpang dari ruang tunggu ke pesawat, dan pemasangan eskalator menuju ke lantai dua terminal bandara itu.

Baca juga: Pilot pingsan, pesawat Batik Air mendarat darurat di Bandara El Tari Kupang
Baca juga: Dua unit garbarata tiba di Bandara El Tari Kupang


Ia beralasan bahwa peresmian terminal baru bandara itu belum bisa dilakukan secara serentak, karena belum semuanya dibangun dan siap untuk digunakan.

"Oleh karena itu, untuk sementara kita lakukan peresmian sebagian dulu atau parsial nanti baru ditargetkan pada Februari 2020 baru semuanya akan resmi bisa digunakan," tambah dia.

Sehingga, kata dia, bagian mana yang sudah siap dioperasikan akan segera dioperasikan bagi pengguna jasa salah satu bandara internasional di Pulau Timor itu.

Lebih lanjut, katanya, saat ini pihaknya masih menunggu juga kiriman kendaraan bus apron untuk mengantar penumpang pesawat langsung ke pesawat.

"Garbarata sudah dipasang saat ini. Kalau untuk bus apron masih kita tunggu, semingga bisa segera tiba dalam waktu dekat," tambah dia.

Menurut data manajemen Bandara El Tari Kupang, jumlah penumpang yang menggunakan jasa bandara itu meningkat dari 2,8 juta menjadi tiga juta orang per tahun. Saat ini jumlah pengguna jasa yang menggunakan Bandara El Tari mencapai 5.000-6.000 penumpang per hari.

Baca juga: Pembangunan terminal El Tari selesai sebelum HUT NTT
Baca juga: Bandara El Tari untuk pertama kalinya miliki HLT
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar