Otoritas kesehatan lacak riwayat kontak pasien COVID-19 nomor satu di NTT

id covid ntt,covid 19,virus corona,penanganan corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Otoritas kesehatan lacak riwayat kontak pasien COVID-19 nomor satu di NTT

Arsip Foto. Seorang petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengecek suhu tubuh penumpang pesawat yang baru turun di terminal kedatangan domestik Bandara El Tari Kupang, NTT, Rabu (04/03/20). ANTARA/Kornelis Kaha.

Saya sudah perintahkan tim gerak cepat untuk melacak siapa-siapa saja yang sudah melakukan kontak dengan pasien nomor satu selama satu bulan terakhir.
Kupang (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang mulai melacak riwayat kontak pasien COVID-19 pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya sudah perintahkan tim gerak cepat untuk melacak siapa-siapa saja yang sudah melakukan kontak dengan dia selama satu bulan terakhir," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tenau Kupang Putu Alit Sudarma di Kupang, Jumat, (10/4) siang.

"Saya masih menunggu laporan karena tim gerak cepat dari KKP masih bekerja di lapangan," ia menambahkan.

Baca juga: Pemerintah sebut pasien positif COVID-19 diisolasi di RSUD W.Z.Johannes Kupang

Putu menjelaskan, petugas juga menelusuri riwayat perjalanan pasien serta melakukan pengecekan ke pelabuhan dan bandara.

Sesuai dengan standar operasional yang berlaku, ia mengatakan, Kantor Kesehatan Pelabuhan akan menyampaikan hasil penelusuran riwayat kontak ke Dinas Kesehatan.

"Usai dilakukan pelacakan kami akan info-kan ke Dinas Kesehatan untuk kembali melakukan pelacakan," kata Putu.
Baca juga: Tiga ABK KM Lambelu positif COVID-19

Mengenai penanganan keluarga pasien positif COVID-19, ia mengatakan bahwa hal itu merupakan kewenangan Dinas Kesehatan.

Ia juga mengimbau warga NTT untuk mengikuti anjuran pemerintah supaya tetap berada di rumah dan hanya keluar saat ada keperluan mendesak serta menghindari kerumunan orang guna mencegah penularan virus corona.