Gubernur ingin adanya modernisasi pembangunan di NTT

id musrengbang ntt

Gubernur ingin adanya modernisasi pembangunan di NTT

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat (kedua dari kiri) dalam kegiatan Musrengbang tahun 2020 untuk perencanaan tahun 2021 yang dilakukan melalui video conference di ruang rapat gubernur Selasa (21/4/2020). (Antara/HO-Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)

Kita semua tetap berharap dan yakin bahwa mampu mengatasi masalah ini dengan baik karena kita memiliki keyakinan, kecerdasan dan daya tahan yang kuat, sehingga mampu mengatasi masalah ini dengan baik
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat menginginkan adanya modernisasi pembangunan ekonomi masyarakat di provinsi berbasis kepulauan ini.

Demikian dikatakan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dalam arahannya kepada peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 melalui video conference di Kupang, Selasa (21/4).

Gubernur Viktor dalam press release yang disampaikan Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Veri Guru juga optimis pandemi COVID-19 akan segera teratasi.

"Kita semua tetap berharap dan yakin bahwa mampu mengatasi masalah ini dengan baik karena kita memiliki keyakinan, kecerdasan dan daya tahan yang kuat, sehingga mampu mengatasi masalah ini dengan baik," kata Viktor.

Menurut dia, pemerintah sedang berupaya memperbaharui perjalanan pembangunan Nusa Tenggara Timur menuju pada perubahan yang cepat terhadap pembangunan ekonomi masyarakat.

"Prinsip pembangunan itu harus terjadi moderenisasi apabila dalam pembangunan perencanaan tidak ada moderenisasi maka pembangunan menjadi gagal," tegas Viktor.

Baca juga: Gubernur NTT minta waspadai DBD
Baca juga: Gubernur sebut kemiskinan di NTT masih jadi isu memalukan


Tujuan pembangunan sebut Gubernur Viktor adalah kesejahteraan sehingga dibutuhkan desain pembangunan yang dilakukan secara cerdas demi terwujudnya pembangunan yang baik dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

"Apabila perencanaan yang baik tidak dapat dikerjakan dengan benar maka kita hanya menempatkan perencanaan yang baik pada ruang–ruang sepi yang tertutup dan kemiskinan tetap marajela di Provinsi NTT," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Sekretaris Bappelitbangda Provinsi NTT, Maxianses H. Manafe melaporkan tujuan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Tahun 2020 adalah untuk menyusun rancangan RKPD 2021 melalui sinergi dan keserasian program, kegiatan, indikator, serta lokasi kegiatan dan pagu anggaran yang disusun oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Selain itu kata dia, untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan koordinasi perencanaan, penganggaran, serta pengendalian pembangunan daerah berdasarkan kerangka regulasi dan kebijakan demi tercapainya landasan ekonomi yang kokoh.

Baca juga: Gubernur minta pembangunan di NTT tetap berjalan

Menurut dia Musrengbang 2020 dilakukan juga untuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat Nusa Tenggara Timur melalui optimalisasi kebijakan dan implementasi untuk mewujudkan NTT Bangkit dan NTT Sejahtera.