Bantuan reagen untuk pemeriksaan COVID-19 tiba di Kupang

id reagen pcr ntt,pemeriksaan covid,covid ntt,corona,ntt

Bantuan reagen untuk pemeriksaan COVID-19 tiba di Kupang

Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur mengecek bantuan reagen untuk pemeriksaan COVID-19 di Bandara Udara El Tari Kupang, Selasa (5/5/2020). (ANTARA/ Benny Jahang)

NTT mendapat bantuan delapan koli reagen yang diangkut menggunakan pesawat udara Citilink melalui Surabaya. Reagen PCR ini sangat membantu tim medis di NTT dalam mendeteksi COVID-19, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui pasien posit
Kupang (ANTARA) - Delapan koli bantuan reagen untuk pemeriksaan COVID-19 dari pemerintah pusat tiba di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, (5/5)) 

"NTT mendapat bantuan delapan koli reagen yang diangkut menggunakan pesawat udara Citilink melalui Surabaya. Reagen PCR ini sangat membantu tim medis di NTT dalam mendeteksi COVID-19, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui pasien positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Bandara Udara El Tari Kupang.

Baca juga: Pengoperasian PCR di NTT diharapkan dipercepat
Baca juga: Dinkes Kota Kupang diminta lakukan 'trakcing' pengidap corona


Bantuan reagen tersebut, ia menjelaskan, akan digunakan untuk memeriksa sampel usap tenggorokan pasien yang berisiko tertular virus corona penyebab COVID-19 menggunakan metode Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT PCR), metode untuk mendeteksi virus.

Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W.Z.Johannes Kupang untuk bisa melakukan pemeriksaan menggunakan metode RT PCR untuk mendeteksi keberadaan material genetik virus corona penyebab COVID-19.

Dominikus mengatakan bahwa pemeriksaan spesimen pasien COVID-19 di wilayah NTT akan dipusatkan di Kupang.

Baca juga: NTT mendapat bantuan alat tes cepat molekuler untuk pasein COVID-19

"Semua sampel swab (sampel usap tenggorokan) dari daerah akan diperiksa di Kupang, sehingga lebih cepat mengetahui seseorang terpapar COVID-19 atau tidak," katanya.

Di wilayah NTT saat ini ada 10 orang yang dikonfirmasi terserang COVID-19.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar