Reagen PCR COVID-19 untuk pemeriksaan sampel swab segera tiba di Kupang

id COVID-19 NTT,corona,ntt

Reagen PCR COVID-19 untuk pemeriksaan sampel swab segera tiba di Kupang

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Nusa Tenggara Timur (kanan) ketika memberikan keterangan pers terkait adanya penambahan satu pasien positif COVID-19, Senin (4/5/2020). ANTARA/ Benny Jahang

Apabila laboratoroum PCR di Kupang sudah berfungsi maka membantu pemerintah kabupaten/kota dalam mendapatkan hasil pemeriksaan swab pasien COVID-19 dengan cepat.
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere mengatakan reagen kit polymerase chain reaction (PCR) untuk pemeriksaan sampel tenggorokan pasien COVID-19 dari Pemerintah Pusat dijadwalkan tiba di Kupang pada Selasa (5/5).

Adanya reagen bantuan dari Pemerintah Pusat itu akan mempercepat pengoperasian PCR yang terdapat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof.Dr.W.Z.Johannes Kupang dalam penanganan pandemi COVID-19 di Nusa Tenggara Timur, katanya di Kupang, Senin, (4/5).

Baca juga: NTT mendapat bantuan alat tes cepat molekuler untuk pasein COVID-19
Baca juga: Manggarai Timur bantu alat rapid test untuk Manggarai Barat


Pemprov NTT menginginkan adanya percepatan dalam penanganan COVID-19 dengan segera mengoperasionalkan laboratoriun PCR di RSUD W.Z.Johannes Kupang yang sudah siap digunakan.

Dominikus menambahkan, kehadiran laboratorium PCR akan lebih mempercepat mengetahui status seorang pasien yang telah terpapar COVID-19.

"Apabila laboratoroum PCR di Kupang sudah berfungsi maka membantu pemerintah kabupaten/kota dalam mendapatkan hasil pemeriksaan swab pasien COVID-19 dengan cepat,"tegas Dominikus.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu mengatakan semua spesimen pasien COVID-19 dari NTT harus dikirim untuk diperiksa dibeberapa laboratorium di Surabaya dan Jakarta karena NTT belum memiliki fasilitas PCR untuk pemeriksaan swab pasien COVID-19.

Baca juga: Kondisi sembilan pasien positif COVID-19 di NTT masih stabil

"Apabila reagen PCR sudah ada maka pemeriksaan swab sudah bisa dilakukan di RSUD Prof. Dr.W.Z.Johanes Kupang, sehingga pemerintah kabupaten/kota tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil pemeriksaan swab pasien COVID-19,"tegas Marius.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar