Kemenkes diminta menjamin kebutuhan reagen penanganan COVID-19

id COVID NTT,jaminan reagen,anggota dpr,melki laka lena

Kemenkes diminta menjamin kebutuhan reagen penanganan COVID-19

Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI, Melki Laka Lena. (Antara/Benny Jahang

Kami sudah minta Kemenkes menjamin kebutuhan reagen yang berkelanjutan...
Kupang (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Melkiades Laka Lena Rabu (6/5)  mengharapkan agar Kementerian Kesehatan (KemeKemenkes) RI untuk menjamin kebutuhan reagen bagi kepentingan pemeriksaan swab pasien yang terduga terpapar COVID-19.

Ia mengatakan dalam rapat kerja dengan Kementerian Kesehatan yang berlangsung pada Selasa (5/5/2020) malam, dirinya telah mengingatkan pemerintah melalui Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto dan Dirjen P2P sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Achmad Yurinto untuk secara rutin menyiapkan reagen bagi kebutuhan daerah-daerah dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Kami sudah minta Kemenkes menjamin kebutuhan reagen yang berkelanjutan termasuk untuk kebutuhan mesin polymerase chain reaction (PCR) sehingga penanganan pandemi COVID-19 semakin optimal dan bencana COVID-19 segera berakhir," kata Melkiades Laka Lena.

Baca juga: Komisi IX DPR-RI apresiasi BPOM bantu PCR untuk NTT
Baca juga: Dewan segera telusuri keluhan kelangkaan APD di NTT


Melki Laka Lena juga mengucapkan terima kasih kepada Menkes RI Terawan Agus Putranto dan Dirjen P2P Achmad Yurianto yang telah membantu percepatan penggunaan alat PCR untuk BPOM RI yang dialokasikan kepada Pemerintah NTT untuk kepentingan penanganan COVID-19 di daerah itu.

Menurut politisi partai Golongan Karya itu, bantuan PCR dari BPOM sangat bermakna bagi pemerintah dan masyarakat NTT dalam membantu percepatan penanganan COVID-19 di provinsi berbasis kepulauan itu.

Melkiades juga berharap masyarakat di Nusa Tenggara Timur untuk taat terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 seperti menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun.