Positif COVID-19 di NTT capai 30 kasus

id corona,covid-19,NTT,bertambah,dinkes

Positif COVID-19 di NTT capai 30 kasus

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Dominikus Minggu Mere. (FOTO ANTARA/ Benny Jahang)

Ada penambahan 12 orang pasien positif COVID-19 di NTT berdasarkan hasil pemeriksaan swab di Kupang dan Jakarta
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dominikus Mere menyebutkan ada penambahan sebanyak 12 orang pasien positif COVID-19 sehingga total kasus di daerah ini telah menembus 30 kasus.

"Ada penambahan 12 orang pasien positif COVID-19 di NTT berdasarkan hasil pemeriksaan swab di Kupang dan Jakarta," katanya didampingi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 NTT Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di Kupang, Rabu (13/5).

Ia mengatakan berdasarkan pemeriksaan Laboratorium Biomolekuler Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang terhadap 92 spesimen swab yang diperiksa pada Selasa (13/5/2020) diketahui ada 11 swab positif COVID-19.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 di NTT sembuh
Baca juga: Kasus pertama satu pasien positif COVID-19 di NTT meninggal


Ia merincikan hasil pemeriksaan swab dari pasien rujukan RSUD Komodo, Kabupaten Manggarai Barat diketahui terdapat sembilan sampel swab positif COVID-19 dari kluster Gowa, Sulawesi Selatan.

Dengan bertambahnya sembilan pasien positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat di ujung barat pulau Flores itu, kata dia, maka daerah itu memiliki 11 orang pasien positif COVID-19 yang merupakan peserta kegiatan keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan.

Dominikus Mere mengatakan satu pasien positif COVID-19 juga ditemukan dari swab pasien rujukan dari RSUD Ende yang juga merupakan kluster Gowa, Sulawesi Selatan.

Ia mengatakan satu pasien positif COVID-19 lainnya merupakan rujukan dari RSUD Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan yang merupakan transmisi lokal.

"Dengan demikian di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan terdapat dua pasien positif COVID-19," katanya.

Sementara itu berdasarkan hasil pemeriksaan Lemba Biomolekuler Eijkman di Jakarta diketahui ada satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba yang merupakan kluster baru, yaitu dari salah satu lembaga pendidikan di Grogol, Jakarta.

"Sampai saat ini sudah 30 orang pasien positif COVID-19 di NTT,dua di antaranya sembuh dan satu meninggal dunia," kata Dominikus Minggu Mere.