COVID-19 harus jadi inspirasi dalam makna Pancasila

id pancasila,pater gregor neonbasu,ntt

COVID-19 harus jadi inspirasi dalam makna Pancasila

Antropolog budaya dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Pater Gregor Neonbasu, SVD. (ANTARA/dokumentasi)

Masa COVID-19 ini harus semakin memberi kita inspirasi untuk tetap setia pada arti dan makna Pancasila yang sesungguhnya,
Kupang (ANTARA) - Antropolog Budaya dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Pater Gregor Neonbasu SVD mengatakan pandemi Virus Corona atau COVID-19 harus menjadi inspirasi bagi seluruh anak bangsa untuk tetap setia pada arti dan memaknai Pancasila.

"Masa COVID-19 ini harus semakin memberi kita inspirasi untuk tetap setia pada arti dan makna Pancasila yang sesungguhnya," kata Pater Gregor Neonbasu kepada ANTARA di Kupang, Senin (1/6).

Menurut dia, Pancasila adalah gagang kehidupan dan menjadi pedoman bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Artinya tanpa Pancasila, tidak mungkin ada Indonesia sebagai bangsa dan negara", katanya.

Baca juga: Gubernur ikut merayakan HUT Pancasila secara virtual
Baca juga: Karakter bangsa Indonesia tak boleh lepas dari Pancasila


Selama hari-hari kemerdekaan, Indonesia tetap eksis dan menjadi semakin jaya justeru karena Pancasila.

"Memang pada masa lalu ketika Indonesia dalam jaman Orba, Pancasila dipolitisir, Pancasila dikebiri, lalu dijadikan dan dipersempit ruang geraknya untuk kepentingan pragmatis tertentu," katanya.

Dia menjelaskan bahwa saat ini muncul diskursus baru untuk mengembalikan Pancasila sebagai dasar negara, pondasi kehidupan berbangsa, gagang kehidupan, dan modal dasar bagi kehidupan berbangsa yang bermoral dan beradab.

Karena itu, katanya, masa pandemi Virus Corona jenis baru (COVID-19) yang sedang dihadapi seluruh anak bangsa saat ini, harus semakin memberi kita inspirasi untuk tetap setia pada arti dan makna Pancasila, kata Pater Gregor Neonbasu.