Belasan kabupaten di NTT diimbau siaga hadapi kekeringan meteorologis

id kekeringan ntt,kekeringan meteorologis,bencana kekeringan

Belasan kabupaten di NTT diimbau siaga hadapi kekeringan meteorologis

Hamparan persawahan di Oesao, Kabupaten Kupang, yang terdampak kekeringan. (ANTARA/Bernadus Tokan)

Saat ini terdapat indikasi potensi kekeringan meteorologis yakni dua kabupaten dalam status waspada kekeringan yaitu Sikka dan Sumba Timur dan 12 kabupaten masuk status siaga kekeringan meteorologis,"
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa 12 kabupaten dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) harus siaga menghadapi kekeringan meteorologis.

"Saat ini terdapat indikasi potensi kekeringan meteorologis yakni dua kabupaten dalam status waspada kekeringan yaitu Sikka dan Sumba Timur dan 12 kabupaten masuk status siaga kekeringan meteorologis," kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Apolinaris Geru di Kupang, Jumat.

Kabupaten yang berstatus siaga menghadapi kekeringan meteorologis antara lain Alor (Kecamatan Teluk Mutiara dan Alor Tengah Utara), Ende (Kecamatan Lio Timur, Wewaria, dan Wolowaru), Flores Timur (Kecamatan Larantuka), Kupang (Kecamatan Amarasi dan Amarasi Barat), dan Lembata (Kecamatan Buyasuri).

Daerah yang berstatus siaga lainnya adalah Kabupaten Malaka (Kecamatan Rinhat), Ngada (Kecamatan Wolomeze), Rote Ndao (Kecamatan Lobalain dan Rote Tengah), Sumba Timur (Kecamatan Paberiwai), Timor Tengah Selatan (Kecamatan Amanuban Barat, Molo Utara, dan Kualin), Timor Tengah Utara (Kecamatan Insana dan Noemuti), dan Kabupaten Nagekeo (Kecamatan Aesesa).
 
Peta kekeringan meteorologis Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO-BMKG)


Selain itu, ada daerah-daerah yang berstatus awas seperti Kabupaten Alor (Kecamatan Kabola), Kabupaten Belu (Kecamatan Atambua Selatan, Kakuluk Mesak), Kota Atambua (Lasiolat dan Raihat), dan Kabupaten Kupang (Kecamatan Kupang Barat, Kupang Tengah, Sulamu, Kupang Timur, dan Taebenu).

Baca juga: BMKG ingatkan warga waspadai ancaman kekeringan di NTT
Baca juga: Krisis air bersih landa lima desa di Rote Ndao


Daerah lain yang berstatus awas adalah Kota Kupang (Kecamatan Kelapa Lima, Kota Raja, Maulafa, dan Oebobo), Kabupaten Lembata (Kecamatan Ile Ape, Lebatukan, Wulandoni, dan Nubatukan), Kabupaten Ngada (Kecamatan Soa), Kabupaten Rote Ndao (Kecamatan Pantai Baru, Rote Barat Daya, Rote Barat laut, dan Rote Timur), dan Kabupaten Sabu Raijua (Kecamatan Hawu Mehara dan Sabu Barat).

Kecamatan Alok, Mego, dan Waigete di Kabupaten Sikka, Kecamatan Kanatang, Haharu, Kambera, Pinu Pahar, dan Pandawai di Kabupaten Sumba Timur meliputi, Kecamatan Amanuban Selatan di Kabupaten Timur Tengah Selatan, Kecamatan Biboki Utara di Kabupaten Timor Tengah Utara juga berstatus awas.