Munir Terpilih Kembali Jadi Ketua PWI Jatim

id Munir

Munir Terpilih Kembali Jadi Ketua PWI Jatim

Akhmad Munir

"Saya tidak mau janji terlalu banyak, namun ke depan saya ingin PWI Jatim lebih baik, dan PWI di beberapa daerah bisa lebih bergairah lagi," kata Munir saat menyampaikan visi misinya di hadapan peserta konferensi.
         Surabaya (Antara NTT) - Kepala LKBN Antara Biro Jatim Akhmad Munir kembali terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim periode 2016-2021 dengan meraup 136 dari 150 suara dalam Konferensi PWI Jatim di Surabaya, Sabtu.

         Dalam sidang pemilihan yang dipimpin fungsionaris PWI Jatim Lutfil Hakim dan Machmud Suhermono itu, calon lain dalam konferensi tersebut yakni Eko Widodo dari media Arek TV Surabaya meraup 10 suara, dan sisanya empat suara dinyatakan tidak sah.

         "Saya tidak mau janji terlalu banyak, namun ke depan saya ingin PWI Jatim lebih baik, dan PWI di beberapa daerah bisa lebih bergairah lagi," kata Munir saat menyampaikan visi misinya di hadapan peserta konferensi.

         Dalam konferensi itu, ketua terpilih dan pengurus harian PWI Jatim langsung dikukuhkan oleh Ketua PWI Pusat Margiono yang turut hadir dalam acara itu bersama Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat Wina Armada itu.

         Margiono dalam sambutan pengukuhannya meminta agar ketua terpilih merangkul semua elemen media yang ada di Jatim, sehingga bisa menjadi media yang profesional.

         "Pers jangan merasa kuat sendirian tanpa organisasi, karena organisasi adalah tempat bernaung media, baik itu PWI, AJI atau IJTI, silakan industri pers untuk bergabung," katanya.

         Dalam kesempatan itu, Margiono juga meminta ketua terpilih untuk merangkul semua potensi wartawan muda sebagai salah satu regenerasi dalam tubuh PWI.

         "Inilah yang membedakan antara PWI dengan organisasi lainnya, yakni selalu adanya regenerasi dalam kepengurusan. Wartawan muda itu generasi penerus kita di masa depan," katanya dalam acara yang dihadiri 400-an anggota PWI Jatim yang mayoritas masih anggota muda.

         Margiono juga berharap PWI Jatim melahirkan tokoh yang mampu menggantikan dirinya sebagai Ketua Umum PWI Pusat dalam Kongres PWI Pusat pada tahun 2018. "Saya tidak punya pesan apapun, saya hanya berpesan ada tokoh PWI Jatim yang maju sebagai calon Ketua Umum PWI Pusat," katanya.

         Sementara itu, Akhmad Munir mengatakan dalam kepengurusan kali ini dirinya siap merangkul semua komponen media dengan membentuk Dewan Pakar yang berisi semua Kepala Biro Perwakilan Jatim dari berbagai media.

         Selain itu, kata Munir, untuk regenerasi kepengurusan PWI di berbagai daerah Jawa Timur juga akan kembali menghidupkan beberapa PWI daerah yang sebelumnya mati, dan menggelar sertifikasi atau pelatihan wartawan untuk standarisasi kewartawanan.

         Dalam periode sebelumnya, PWI Jatim sudah mengadakan 16 angkatan uji kompetensi wartawan (UKW), lalu membentuk enam perwakilan baru hingga PWI Jatim kini tercatat memiliki 26 perwakilan di tingkat kabupaten/kota. "Kami juga sempat melakukan advokasi dalam sengketa pers di Gresik," katanya.

         Dalam konferensi itu hanya dua dari empat pendaftar yang dinyatakan sebagai bakal calon Ketua PWI Jatim, yakni Akhmad Munir yang merupakan petahana, dan Eko Widodo dari Arek TV Surabaya. Sisanya tidak memenuhi persyaratan sesuai PD/PRT PWI hasil kongres ke-23 di Banjarmasin tahun 2013.