NTT siapkan dua tempat penyimpanan vaksin COVID-19

id COVID-19, NTT, vaksin

NTT siapkan dua tempat penyimpanan vaksin COVID-19

Petugas melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di gudang vaksin (cold room) milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Senin (4/1/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kami sudah siapkan fasilitas atau tempat untuk menyimpan belasan ribu dosis vaksin yang baru akan tiba di Kupang besok
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur telah menyiapkan dua tempat untuk menyimpan 13.000 dosis Vaksin Sinovac yang dijadwalkan akan tiba di Kota Kupang, pada Selasa (4/1/2021).

"Kami sudah siapkan fasilitas atau tempat untuk menyimpan belasan ribu dosis vaksin yang baru akan tiba di Kupang besok," kata Karo Humas Setda Pemprov NTT Marius Ardu Jelamu kepada ANTARA di Kupang, Senin, (4/1).

Ia mengatakan dua tempat yang disiapkan itu adalah di tempat penyimpanan obat milik Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan bisa juga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) W.Z Johannes Kupang.

Baca juga: Pemerintah data nakes sasaran vaksinasi COVID-19

Mantan Kadis Pariwisata Pemprov NTT itu mengatakan bahwa vaksin yang akan tiba di Kupang adalah vaksin tahap pertama. Pihaknya juga sudah menyampaikan ke kepala dinas kesehatan di setiap kabupaten/kota untuk menyiapkan ruangan khusus bagi vaksin yang akan diterima.

"Setiap ruangan yang menjadi tempat penyimpanan Vaksin Sinovac harus berada di suhu sekitar 2-8 derajat guna menjamin kualitas dan mutu vaksin yang diterima masyarakat," ujar dia.

Kemudian terkait dengan petugas kesehatan yang bertugas untuk vaksin pasien, kata dia, proses vaksin tidak sesulit seperti yang dibayangkan, karena memang sama seperti vaksin-vaksin lain.

"Ini kan untuk vaksin semua petugas kesehatan, khususnya perawat, bisa melakukan vaksin bagi pasien, karena memang proses vaksinnya sama seperti vaksin-vaksin lainnya," ujar dia.

Untuk alur pendistribusiannya nanti Pemprov NTT akan mendistrubusikan ke setiap kabupaten Kota, baru kemudian kabupaten Kota mendistribusikan ke sejumlah ecamatan untuk dibagikan ke puskesmas-puskemas.

Lebih lanjut, kata Marius, walaupun sudah ada vaksin COVID-19 yang akan dikirim ke NTT masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan air menggalir, tetap menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Baca juga: Biofarma mulai distribusikan vaksin COVID-19 ke 34 provinsi

'Karena saat ini kasus transmisi lokal di NTT terus meningkat, khususnya di Kota Kupang," kata dia.