Tangkapan ikan nelayan Labuan Bajo turun akibat cuaca buruk

id NTT,produksi ikan,dkp mabar

Tangkapan ikan nelayan  Labuan Bajo turun akibat cuaca buruk

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Manggarai Barat, Yeremias Ontong (Antara/HO- istimewa)

Transaksi penjualan ikan di TPI sangat sepi karena banyak nelayan yang tidak melaut
Kupang (ANTARA) - Akibat cuaca buruk yang melanda wilayah perairan Flores, Nusa Tenggara Timur selama Januari-Februari 2021 menyebabkan banyak nelayan di Kabupaten Manggarai Barat tidak melaut sehingga berdampak pada menurunnya hasil tangkapan ikan.

"Kondisi cuaca di Kabupaten Manggarai Barat dalam dua bulan ini sangat buruk sehingga banyak nelayan tidak melaut mengakibatkan hasil tangkapan nelayan mengalami penurunan yang signifikan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Manggarai Barat, Yeremias Ontong ketika dihubungi ANTARA, Senin, (15/2).

Ia mengatakan, banyak nelayan di kabupaten ujung Barat Pulau Flores itu tidak melaut akibat cuaca buruk yang terjadi sejak Januari 2021 lalu.

Menurut dia, hujan lebat disertai angin kencang memicu terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Pemkab Mabar ingatkan nelayan waspada cuaca buruk

Dia menegaskan, banyaknya nelayan yang tidak melaut menyebabkan aktifitas penjualan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo juga menjadi sepi.

"Transaksi penjualan ikan di TPI sangat sepi karena banyak nelayan yang tidak melaut," ujar Yeremias Ontong.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendorong para nelayan di daerah itu untuk mengembangkan usaha ikan air tawar saat cuaca buruk melanda daerah itu, agar usaha ekonomi para nelayan tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: 127 nelayan kecil di Mabar dilengkapi BPKP

Ia berharap para nelayan untuk tidak memaksakan diri melaut ditengah cuaca buruk karena sangat berisiko terhadap keselamatan para nelayan.