Dinkes sebut kasus aktif COVID di Kota Kupang terus menurun

id NTT,COVID-19 kota kupang

Dinkes sebut kasus aktif COVID di Kota Kupang  terus menurun

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Retnowati (Antara/ Benny Jahang)

Kami melihat dampak dari penurunan kasus karena masyarakat sudah mulai sadar tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk menghindari paparan COVId-19
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur Retnowati mengatakan kasus aktif terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah ini mulai menurun, dari 4.580 kasus menjadi 1.204 kasus.

"Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan jumlah kasus COVID-19 di Kota Kupang semakin menurun. Hal ini merupakan dampak dari semakin meningkatnya kesadaran warga Kota Kupang akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas," kata Retnowati ketika dihubungi di Kupang, Kamis, (4/3).

Dia mengatakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kupang tercatat 4.580 orang, sedang yang masih dalam perawatan 1.204 orang.

Ia mengatakan masyarakat Kota Kupang sudah konsisten dalam menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dan menghindari kerumunan dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami melihat dampak dari penurunan kasus COVID-19 karena masyarakat sudah mulai sadar tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk menghindari paparan COVId-19," kata Retnowati.

Selain itu kata dia, dukungan para pelaku usaha yang sangat ketat dalam menerapkan protokol kesehatan sangat membantu pemerintah dalam mengendalikan penyebaran COVID-19.
Tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 hendak melakukan evakuasi jenasah seorang pasien COVID-19 yang meninggal dunia di rumah sakit SK Lerik, Kota Kupang, Rabu (3/3). (Antara/ Benny Jahang) (Antara/ Benny Jahang)

Sementara itu, data pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kupang menyebutkan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih dalam perawatan 1.204 orang dari jumlah kasus COVID-19 mencapai 4.580 orang.

Pasien COVOD-19 yang dalam perawatan itu terdiri dari isolasi mandiri 1.099 orang dan melakukan perawatan medis di rumah sakit ada 105 orang.

Pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19 mencapai 3.245 orang dan yang meninggal dunia 131 orang. 

Baca juga: 10.000 lansia jadi sasaran vaksin COVID di Kota Kupang
Baca juga: Kota Kupang mulai vaksinasi COVID tahap II