Polda NTT luncurkan kapal vaksinasi terapung bagi masyarakat kawasan pesisir

id Polda NTT, Kota Kupang, Vaksinasi, Polisi perairan, NTT

Polda NTT luncurkan kapal vaksinasi terapung bagi masyarakat kawasan pesisir

Vaksinator dari Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) menyuntikan cairan vaksin ke tubuh seorang warga saat pelaksanaan vaksinasi dosis pertama bagi masyarakat pesisir pantai di kapal apung di desa Huilelot, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, NTT, Jumat (30/4/2021). . ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Bisa dibilang ini merupakan upaya dari Polda NTT dalam menjemput bola untuk melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum khususnya di daerah-daerah pesisir pantai yang sulit dijangkau
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur mengelar vaksinasi COVID-19 terapung khusus untuk masyarakat di pesisir pantai yang sulit dijangkau oleh petugas kesehatan di provinsi berbasis kepulauan itu.

Kepala Bidang Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B kepada wartawan di Desa Huihelot, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang Jumat (30/4) mengatakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat pesisir itu merupakan bagian dari mendukung program Pemerintah Indonesia.

"Bisa dibilang ini merupakan upaya dari Polda NTT dalam menjemput bola untuk melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum khususnya di daerah-daerah pesisir pantai yang sulit dijangkau," katanya disela-sela peluncuran kapa vaksinasi terapung.

Dalam kesempatan tersebut ujar dia, pihaknya membawa kurang lebih 200 dosis vaksin Astrazanecca, yang tujuannya untuk diberikan kepada ratusan warga di desa tersebut.

Namun dari pantauan hanya ada sekitar 38 orang saja yang menerima vaksinasi dosis pertama tersebut dan diminta untuk kembali bersiap menerima vaksin dosis kedua pada 30 Juni 2021.

Baca juga: Kapolri tinjau pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di markas Polda NTT

Baca juga: 210 wartawan di Kota Kupang terima vaksinasi dosis kedua


Pelaksanaan vaksinasi sendiri unik, karena proses pelaksanaan vaksin bagi masyarakat pesisir dilakukan di atas kapal milik Kepolisian Perairan dan Udara Polda NTT.

Mantan Kapolres Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) itu menambahkan bahwa proses vaksinasi dengan menyisir masyarakat yang tinggal di pesisir pantai akan terus dilakukan dengan memanfaatkan kapal milik Kepolisian Perairan dan Udara Polda NTT.

'Kita tidak hanya sampai di sini saja, tetapi akan terus kita lakukan dengan menyisir daerah-daerah pesisir pantai yang sulit dilalui oleh petugas vaksinasi, sekaligus mempermudah masyarakat untuk tidak perlu berjalan jauh ke puskesmas," tambah dia.

Menanggapi hal tersebut camat Semau Yoel Laitbaun mengapresiasi vaksinasi yang digelar oleh Polda NTT yang mendatangi langsung masyarakat di kecamatan itu khusus di kawasan pesisir itu.

"Selama ini untuk vaksinasi sudah dilakukan, tetapi masih fokus untuk pelayan publik. Tetapi dengan adanya vaksinasi dari Polda NTT ini sangat membantu kami," ujar dia.

Iapun berharap agar pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat pesisir ini bisa terus dilakukan mengingat rumah masyarakat menuju ke puskesmas sangat jauh dan cukup menyulitkan masyarakat kecil.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar