Bupati Kupang minta TMMD dilakukan dua kali setahun

id TMMD, NTT, Kupang, TNI, AD TMMD 111

Bupati Kupang  minta TMMD dilakukan dua kali setahun

Bupati Kupang Korinus Masneno (kiri) dan Dandim Kupang Kolonel Arh Abraham Kalelo saat meninjau peta sebaran kegiatan TMMD 111 di desa Sanraen, Kabupaten Kupang, Selasa (15/6).ANTARA/Kornelis Kaha.

"Ya selama ini kan pelaksanaan TMMD hanya dilakukan satu kali dalam setahun, kami minta kalau bisa pelaksanaan TMMD di Kupang dilakukan dua kali dalam setahun,"
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang mengharapkan agar pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di kabupaten itu bisa dilakukan dua kali dalam setahun mengingat manfaatnya besar sekali bagi masyarakat.

"Ya selama ini kan pelaksanaan TMMD hanya dilakukan satu kali dalam setahun, kami minta kalau bisa pelaksanaan TMMD di Kupang dilakukan dua kali dalam setahun," kata Bupati Kupang Korinus Masneno usai membuka kegiatan TMMD 111 di desa Sanraen, Kabupaten Kupang yang berbatasan laut dengan Australia, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa selama ini pelaksanaan TMMD yang dilakukan setahun sekali itu hanya dilakukan di kawasan perbatasan saja, oleh karena itu untuk menurut dia perlu juga TMMD reguler yang ada di wilayah perkotaan atau desa yang jaraknya jauh dari kawasan perbatasan.

Sebab menurut dia ada beberapa lokasi di wilayah kabupaten Kupang perlu penanganan yang mana perlu penanganan secara reguler melalui TMMD.

Korinus yang juga pernah menjabat sebagai wakil bupati Kupang itu menambahkan sebenarnya permintaan dua kali TMMD itu diharapkan bisa dilakukan pada tahun 2021 ini, namun hal ini tidak dapat terwujud akibat banyaknya recofusing anggaran serta adanya anggaran yang digunakan untuk perbaikan sejumlah fasilitas akibat siklon seroja.

"Kami sudah berbicara dengan DPRD dan juga setuju dengan usulan tersebut,hanya saja terkendala dengan anggaran," tambah dia.

Baca juga: Pemkab Kupang dukung TNI gelar TMMD di wilayah perbatasan

Baca juga: Kala TNI Manunggal wujudkan asa rakyat di pelosok Timor


Ia menambahkan bahwa untuk TMMD ke 112 tahun depan pihaknya akan mengusulkan anggaran yang baru sehingga pelaksanaan TMMD dua kali itu bisa dilakukan.

Bupati juga menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan TMMD yang digelar oleh TNI, hal ini karena pelaksanaan TMMD tersebut mempererat hubungan antar rakyat dengan TNI.

Tak hanya itu kegiatan TMMD yang melibatkan warga itu membuat warga untuk ikut bersama-sama merawat yang sudah dibangun bersama.

Menanggapi permintaan Bupati tersebut Komandan Kodim 1604/Kupang Kolonel Arh Abraham Kalelo ditemui terpisah mengatakan bahwa jika ingin ada dua kali TMMD maka usulannya harus dilakukan mulai saat ini.

"Ya pada dasarnya kita siap. Namun hal itu kembali lagi pada usulan yang diusulkan kalau disetujui maka akan dijalankan pada tahun depan," tambah dia.