Lantamal VII Kupang vaksin 6.000 warga di NTT

id Vaksinasi, NTT, COVID-19, Kota Kupang

Lantamal VII Kupang vaksin 6.000 warga di NTT

Seorang pelaku perjalanan yang akan menyeberang menggunakan kapal, menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama saat Lantamal VII Kupang laksanakannya Serbuan Vaksin COVID-19 Masyarakat Maritim di pelabuhan penyeberangan Bolok, Kupang, NTT, Selasa (6/7/2021). ANTARA/Kornelis Kaha

...target orang yang divaksin perharinya lebih dari 600an orang
Kupang (ANTARA) - Lantamal VII Kupang hingga Selasa telah melakukan vaksinasi memalui program serbuan vaksinasi COVID-19 terhadap 6.000 warga di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI I.G Kompiang Aribawa kepada wartawan di Kupang, (6/7) mengatakan bahwa target yang diberikan mabes AL kepada Lantamal VII Kupang sendiri mencapai 1.600 vial atau sekitar 16.000 dosis vaksin COVID-19.

"Strategi saya agar pelaksanaan vaksin ini bisa cepat banyak menyasar ke masyarakat maka kita akan lakukan vaksinasi COVID-19 sebanyak 15 kali. Kini baru tujuh kali pelaksanaan vaksin," kata disela-sela pelaksanaan vaksinasi COVID-19 masyarakat maritim yang digelar di Pelabuhan Penyeberangan Bolok, Kupang.

Selama enam hari terakhir setiap hari pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan yang target orang yang divaksin perharinya lebih dari 600an orang.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini juga, ujar komandan berbintang satu itu alam rangka mendukung program pemerintah yakni satu juta vaksin per hari.

Aribawa mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi yang digelar oleh Lantamal VII Kupang bekerja sama dengan PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang itu kali ini menyisir warga dan juga para penumpang kapal serta sopir truk yang belum divaksin.

Tak hanya itu pelaksanaan vaksinasi yang digelar oleh Lantamal VII Kupang juga dilakukan di pesisir pantai di Kelurahan Namosain, dengan sasaran adalah nelayan-nelayan di daerah itu.

Untuk vaksinasi di kawasan itu pihaknya menargetkan sekitar 700 orang divaksin, namun jika dilihat dari animo masyarakat dia memastikan capaiann vaksinasinya bisa mencapai 1.000 orang.

Dengan jumlah dan antusiasme masyarakat yang tinggi ini ujar dia menandakan bahwa masyarakat sudah sadar bahwa vaksin itu penting di tengah pandemi COVID-19 ini.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur Emma Simanjuntak mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh TNI Polri khususnya Lantamal VII Kupang tentu membantu pemerintah NTT mempercepat pelaksanaan vaksinasi di NTT.

"Jujur vaksinasi yang digelar oleh TNI Polri ini sangat membantu kami pemerintah. Dengan semakin banyak yang mengelar vaksinasi tentu membantu tidak terjadi penumpukan vaksinasi covid-19 di satu tempat saja, misalnya di puskesmas saja," ujar dia.

Baca juga: Pemkot kupang percepat vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat

Pasokan vaksin COVID-19 tambah dia juga akan terus diberikan kepada pihak TNI dan Polri untuk membantu pelaksanaan vaksinasi, apalagi siang tadi ada kurang lebih 5000 dosis vaksin tiba di Kupang.
Baca juga: DPRD NTT apresiasi TNI gelar Serbuan Vaksinasi