OJK NTT catat investasi pasar modal tembus 32.797 investor

id NTT,OJK NTT,pasar modal NTT,investor saham

OJK NTT catat investasi pasar modal  tembus 32.797 investor

Kepala OJK NTT Robert Sianipar. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Pasar modal di NTT menunjukkan perkembangan yang positif tercermin dari jumlah investor yang bertumbuh mencapai 32.797 investor
Kupang (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat pertumbuhan investasi pasar modal di provinsi berbasiskan kepulauan itu terus meningkat mencapai sebanyak 32.797 investor per Juni 2021.

"Pasar modal di NTT menunjukkan perkembangan yang positif tercermin dari jumlah investor yang bertumbuh mencapai 32.797 investor," kata Kepala OJK NTT Robert Sianipar dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (3/9).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan perkembangan investasi pasar modal di NTT per semester I 2021.

Pihaknya mencatat investasi pasar modal tersebut didominasi pada reksa dana sebanyak 20,907 investor, disusul investasi saham 10.802 investor dan surat berharga negara 1.088 investor.

Dari komposisi ini, kata dia dapat terlihat bahwa karakteristik investor di NTT sudah mulai meningkat dengan alternatif investasi yang sudah masuk instrumen pasar modal.

"Jadi semakin banyak orang yang tidak hanya menyimpan dana di perbankan tetapi melirik pasar modal," katanya.

Sebelumnya, Robert Sianipar mengatakan OJK bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mensosialisasikan investasi pasar modal ke daerah-daerah karena literasi masyarakat yang masih rendah dibandingkan dengan literasi terhadap perbankan.

"Upaya sosialisasi ini gencar dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat di daerah tentang bagaimana berinvestasi yang aman di sektor pasar modal," katanya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar sebelum berinvestasi di pasar modal terlebih dahulu memastikan produk dari perusahaan pasar modal tersebut terdaftar atau berstatus legal dengan tawaran keuntungan yang layak atau masuk akal.

Baca juga: OJK NTT minta masyarakat hati-hati pinjam uang secara daring
Baca juga: OJK sebut industri jasa keuangan NTT tumbuh stabil