Indonesia wakili negara anggota pada Festival ASEAN ke-4 di Venezuela

id ASEAN Venezuela,festival asean,venezuela,ASEAN

Indonesia wakili negara anggota pada Festival ASEAN ke-4 di Venezuela

Duta Besar RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono (kanan) sebagai Ketua ASEAN Committee in Caracas (ACC)  mewakili negara anggota ASEAN dengan menyampaikan sambutan pada Festival ASEAN ke-4 di Venezuela bertempat di galeri seni PDVSA La Estancia, Caracas. (ANTARA/HO-KBRI Caracas)

...Sebuah kehormatan untuk mengadakan acara ini bersama dengan negara anggota ASEAN, yang merupakan salah satu organisasi regional terbesar di dunia
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia mewakili negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menyampaikan sambutan pada kegiatan Festival ASEAN ke-4 di Venezuela.

Duta Besar RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono sebagai Ketua ASEAN Committee in Caracas (ACC) mewakili negara anggota ASEAN dengan menyampaikan sambutan pada kegiatan Festival ASEAN ke-4 di Venezuela, menurut keterangan tertulis KBRI Caracas yang diterima di Jakarta, Selasa, (30/11).

Dalam sambutannya pada Festival ASEAN ke-4 di Venezuela -- yang bertempat di galeri seni PDVSA La Estancia, Caracas -- Dubes Imam menegaskan komitmen ASEAN.

"ASEAN telah berdiri selama lebih dari 50 tahun berdasarkan kesatuan dan solidaritas, serta harapan untuk perdamaian dan masa depan yang lebih baik, sehingga kami siap untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara-negara lain, termasuk dengan Venezuela," kata Imam.

"ASEAN dan Venezuela merupakan teman dekat yang berpotensi untuk membangun saling pengertian dan kerja sama," ujarnya.

Selain Indonesia, dua perwakilan negara ASEAN di Venezuela, yakni Malaysia dan Vietnam, juga turut berpartisipasi dalam festival yang terdiri dari pameran seni, gastronomi, promosi ekonomi, dan pertunjukan seni budaya.

"Sebuah kehormatan untuk mengadakan acara ini bersama dengan negara anggota ASEAN, yang merupakan salah satu organisasi regional terbesar di dunia. Kami juga berharap agar kerja sama yang menguntungkan antara Venezuela dan ASEAN dapat lebih ditingkatkan.," kata Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Capaya Rodriguez Gonzalez.

Wamenlu Capaya secara khusus menyampaikan terima kasih atas partisipasi Indonesia pada Festival ASEAN dan mengapresiasi keragaman wastra nusantara dan seni kriya Indonesia seperti wayang dan ukiran kayu.

Menurut keterangan KBRI Caracas, para pengunjung festival tampak antusias melihat berbagai macam kerajinan tangan khas Indonesia dan mencicipi sejumlah kuliner khas Indonesia, seperti siomay, kue putu ayu, serta combro.

Berbagai jenis produk makanan dan minuman yang dipromosikan dalam kegiatan festival itu juga menarik perhatian banyak pengunjung, khususnya produk kopi dan jamu.

KBRI Caracas menyampaikan bahwa kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Venezuela harus bersifat saling melengkapi dan menguntungkan mengingat banyaknya kesamaan potensi sumber daya alam di Indonesia dan Venezuela.

Acara diakhiri dengan pertunjukan seni budaya Indonesia, di mana ditampilkan tarian tradisional, yakni Lenggang Nyai dan Mal Yang Mah oleh kelompok tari IndoVez (Indonesia-Venezuela) yang terdiri dari alumni beasiswa Darmasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB), pertunjukan pencak silat oleh pegawai KBRI Caracas, serta musik angklung oleh kelompok angklung Sekolah Republik Indonesia.

Festival ASEAN di Venezuela merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Wamenlu Venezuela untuk Asia, Timur Tengah dan Oceania.

Kegiatan itu bertujuan untuk mempererat hubungan antara Venezuela dan ASEAN dengan mempertemukan perwakilan negara-negara ASEAN dengan berbagai kementerian/lembaga terkait di Venezuela, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat Venezuela mengenai ASEAN.

Baca juga: Presiden Jokowi tandatangani Keppres penetapan keanggotaan Indonesia di ACMM

Baca juga: Presiden Jokowi dorong ASEAN-Australia terus membangun kepercayaan
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022