Bandara El Tari masih sepi penumpang setelah penghapusan tes COVID

id bandara, NTT, Kota Kupang,bandara el tari kupang,Pcr

Bandara El Tari masih sepi penumpang setelah penghapusan tes COVID

Sejumlah calon penumpang pesawat mengantre di depan kobter chek in di bandara El Tari Kupang, Rabu (9/3/2022). ANTARA?Kornelis Kaha

...Kami dari pihak maskapai sendiri sudah siap dengan adanya pelonggaran ini, dan sudah tentu memperhatikan aturan sesuai dengan SE
Kupang (ANTARA) - Pemberlakuan penghapusan tes antigen dan PCR bagi pelaku perjalanan bandara El Tari Kupang terpantau belum diminati oleh penumpang yang hendak bepergian pada hari pertama pelaksanaan kebijakan ini.

Berdasarkan pantauan ANTARA di bandara El Tari Kupang, di Kupang, Rabu, (9/3) siang, sejumlah konter check in sejumlah maskapai penerbangan terlihat sepi dan kosong.

Demikian juga di lokasi ruang tunggu terminal penumpang bandara itu tidak terlihat adanya penumpukan penumpang pesawat di bandara itu.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang kepada wartawan di Kupang mengatakan bahwa saat ini pergerakan penumpang sedang dalam masa low season.

"Namun jika dihitung per harinya untuk saat ini, belum bisa, karena memang baru satu hari pemberlakuan Surat Edaran dari Kemenhub itu," katanya.

Namun, dirinya yakin dan optimistis dengan adanya pelonggaran itu, kedepannya akan mendongkrak jumlah penumpang yang datang maupun yang pergi di bandara tersebut.

Sebelumnya, pelonggaran serupa yang pernah berjalan pada 2021, secara perlahan-lahan mampu menaikkan jumlah penumpang, meski tidak terlalu signifikan.

Sebagai contoh, pada Januari 2021, misalnya, jumlah penumpang per hari mencapai 2.320 orang. Pada periode yang sama di 2022, jumlah penumpang per hari justru mencapai 3.387 penumpang.

Sementara itu, Ketua Airlines Bandara EL Tari Kupang Yongki Tanasale mengatakan kebijakan pelonggaran terbaru akan meningkatkan jumlah penumpang yang bepergian dengan menggunakan pesawat terbang.

"Kami dari pihak maskapai sendiri sudah siap dengan adanya pelonggaran ini, dan sudah tentu memperhatikan aturan sesuai dengan SE yang baru dikeluarkan kemarin," ujar dia.

Baca juga: Pemprov NTT imbau pelaku perjalanan tetap taat prokes

Baca juga: Dirut BPOLBF : Penghapusan PCR-antigen dorong kemudahan berwisata