Sudah 1.500 ekor sapi diangkut ke Jakarta-Samarinda

id Sapi

Sudah 1.500 ekor sapi diangkut ke Jakarta-Samarinda

Kapal Ternak KM Cemara Nusantara 5 berlabuh di pelabuhan Tenau Kupang, NTT, Senin (6/8). Kementerian Perhubungan menambah dua kapal ternak yakni Cemara Nusantara 2 dan KM. Nusantara 5 yang dikelolah oleh PT.ASDP untuk membantu pengangkutan sapi yang didistribusikan ke sejumlah daerah mengingat permintaan sapi dari NTT terus meningkat. (Antara Foto/Kornelis Kaha/)

Dua kapal ternak bantuan pemerintah pusat sudah mengangkut 1.500 ekor sapi ke Jakarta dan Samarinda..

Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala PT. ASDP (Persero) Cabang Kupang Burhan Z mengatakan dua kapal ternak tambahan dari pemerintah pusat untuk NTT sudah mengangkut kurang lebih 1.500 ekor sapi dengan tujuan Jakarta dan Samarinda, Kalimantan Timur.

“Sampai dengan saat ini semenjak dua kapal itu beroperasi sudah ada kurang lebih 1.500 ekor sapi yang sudah dikirimkan ke dua daerah itu,” katanya kepada wartawan di Kupang, sebagai pihak operator Kapal ternak itu di Kupang, Selasa (7/8).

Masyarakat NTT kali ini kembali mendapatkan bantuan dua kapal ternak untuk membantu pengangkutan sapi untuk didistribusikan ke sejumlah daerah di luar NTT.

Dua kapal ternak itu adalah KM. Camara Nusantara II dan KM. Camara Nusantara V yang kedua-duanya sudah beroperasi. Sebelumnya NTT sendiri sudah memiliki dua kapal ternak namun dua kapal ternak itu kurang karena permintaan pembelian sapi dari provinsi berbasis kepulauan itu semakin banyak.

Burhan menambahkan bahwa,kapal ternak yang beroperasi pertama kali adalah kapal ternak KM. Camara Nusantara II. Kapal tersebut sudah mulai beroperasi pada tanggal 14 Juli 2018, dan selama bulan Juli itu sudah ada 2.000 ekor sapi yang sudah dikirimkan ke Jakarta. 

Baca juga: KM Camara Nusantara singgahi Atapupu dan Wini

 “Dua kali beroperasi dan kapasitas penampungan kapal hanya mencapai 500 ekor sapi. Sehingga dalam bulan Juli hingga Agustus awal sudah ada 1.000 ekor sapi yang sudah di kirim,” tambahnya. 

Sementara untuk KM Camara Nusantara V baru mulai beroperasi pada Senin (6/8) kemarin dengan membawa kurang lebih 500 ekor sapi dengan tujuan akhir adalah Samarinda.

Hal ini lanjut Burhan karena memang sebelumnya diperbantukan untuk memuat sapi dari Bima, Nusa Tenggara Barat.

“Jadi baru kemarin kapal itu beroperasi di NTT. Kemarin bertolak dari NTT menuju pelabuhan Wini Kabupaten Timor Tengah Utara, serta pelabuhan Atapupu kabupaten Belu, sebelum bertolak ke Samarinda,” tambahnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan NTT Dany Suhadi mengatakan dengan adanya tambahan dua kapal tersebut maka jumlah kapal ternak yang ada di NTT sudah

“Permintaan sapi dari NTT sangat banyak, sehingga dengan 4 kapal itu akan sangat membantu,” tuturnya. 

Sampai dengan periode Januari-Juli kurang lebih 42 ribu ekor sapi yang dikirim dari NTT ke sejumlah daerah di luar NTT.

Baca juga: NTT antarpulau 28.828 ternak sapi

Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar