TNI gembleng peserta SMN dari Manado

id manado

Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Manado, Sulawesi Utara, diterima di Markas Korem 161/Wira Sakti Kupang, di Kupang, Kamis (9/9). (ANTARA Foto: Asis Lewokeda).

 "Kami di TNI-AD siap memberikan pemahaman dan membina para peserta SMN tentang semangat bela negara yang berlandaskan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," kata Kolonel (Inf) James Ratu Edo.
Kupang,  (AntaraNews NTT) - Aparat TNI dari Korem 161/Wirasakti Kupang menggembleng sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Sulawesi Utara yang mengikuti program SMN di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rombongan peserta SMN bersama sejumlah pendamping telah diterima di Markas Korem 161/Wirasakti Kupang pada Kamis, (8/8)  dan akan mengikuti kegiatan bersama TNI selama dua hari berturut-turut dari 9-10 Agustus 2018.

 Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa mengapresiasi kehadiran puluhan siswa yang penuh antusias mengikuti kegiatan mengenal nusantara tahun 2018.

"Kami di TNI-AD siap memberikan pemahaman dan membina para peserta SMN tentang semangat bela negara yang berlandaskan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," katanya dalam sambutan tertulis dibacakan Kasiter Korem 161/Wirasakti Kupang Kolonel (Inf) James Ratu Edo.

Ia mengatakan, selama dua hari kegiatan, pihaknya akan memberikan pemahaman para peserta SMN tentang wawasan kebangsaan dan membentuk mereka agar lebih mengenal dan mencintai nusantara bersama TNI-AD.

Baca juga: 23 peserta smn Manado tiba di Kupang

Selain itu, lanjutnya, menggembleng para pelajar menjadi generasi muda bangsa yang berkepribadian, berahklak mulia, disiplin, terampil, bertanggung jawab dan berjiwa kesatria.

 "Kegiatan ini juga sebagai wadah silaturahmi untuk menjalin keakraban para pelajar dengan TNI AD, AL, maupun AU," katanya.

Selama di Korem 161/Wira Sakti Kupang, para peserta akan menerima berbagai materi pengetahuan tentang bela negara, mengenal kesatuan TNI, serta berbagai kegiatan lainnya di lapangan bersama para prajurit.

Para peserta juga akan menjalani aktivitas selama dua hari kegiatan sesuai dengan tata tertib dan disiplin yang diterapkan di lingkungan TNI setempat.

 "Harapan kami materi-materi ini memberikan dampak berarti untuk semakin menumbuhkan jiwa nasionalisme dan kecintaan para peserta SMN atau generasi muda yang merupakan bagian penting dari kekuatan pertahanan dan ketahanan NKRI," katanya.

Setelah mengikuti kegiatan bersama TNI, puluhan peserta SMN akan mengunjungi Pulau Rote yang merupakan wilayah terselatan NKRI pada Sabtu (11/8), yang difasilitasi pihak PT Pegadaian Area Kupang.

Di Pulau Rote, peserta akan dibawa ke sejumlah destinasi wisata unggulan di beranda terdepan NKRI itu seperti wisata Gerbang Batu Pantai Oeseli, Pantai Nembrala, dan Bukit Mandao.


Baca juga: Peserta SMN dari NTT diberangkatkan ke Manado
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar