Gubernur janjikan kapal pembersih sampah untuk Kota Kupang

id Gubernur NTT

Gubernur janjikan kapal pembersih sampah untuk Kota Kupang

Gubernur NTT Viktor B Laiskodat saat menyampaikan pidato pertamanya di depan sidang paripurna istimewa DPRD NTT di Kupang, Senin (10/9). (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)

"Pak Gubernur NTT menjanjikan akan memberikan bantuan satu unit kapal untuk membersihkan sepanjang pantai Teluk Kupang dari sampah," kata Obed Kadji.
Kupang (AntaraNews NTT) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat menjanjikan akan memberikan bantuan satu unit kapal kepada Pemerintah Kota Kupang guna membersihkan Pantai Kupang dari berbagai jenis sampah.

"Pak Gubernur NTT menjanjikan akan memberikan bantuan satu unit kapal untuk membersihkan sepanjang pantai Teluk Kupang dari sampah," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kupang, Obed Kadji, kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Senin (10/9).

Ia mengatakan Dinas Kebersihan Kota Kupang kewalahan membersihkan pantai Kota Kupang dari sampah yang jumlahnya sangat besar.

"Pada musim hujan banyak sampah yang berserakan di pantai. Petugas Kebersihan kewalahan untuk mengangkut sampah dari pantai karena terlalu banyak," kata Obed.

Menurut dia, bantuan kapal pembersih sampah akan menjadi solusi yang efektif bagi Pemerintah Kota Kupang dalam membersihkan Pantai Kupang dari sampah.

Pemerintah Kota Kupang lanjut Obed, belum mengetahui secara persis kapan bantuan kapal pembersih sampah pantai itu diberikan.

Baca juga: Perlu Perda Larang Buang Sampah di Laut
Baca juga: Warga Bersih Sampah Laut


"Pak Gubernur NTT sudah sampaikan kepada Wali Kota Kupang, kami menunggu saja realisasi pemberian bantuan itu,"tegas Obed.

Ia menjelaskan, pemerintah Kota Kupang tetap melakukan pembersihan pantai dari sampah secara manual, sehingga kawasan pantai sebagai lokasi wisata bagi masyarakat di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu tetap bersih dan indah.