BMKG prakirakan hujan sangat tinggi guyur tiga daerah di NTT

id curah hujan NTT,prakiraan hujan,prakiraan cuaca

BMKG prakirakan hujan sangat tinggi guyur tiga daerah di NTT

Ilustrasi - Hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

Curah hujan sangat tinggi berpotensi memicu terjadi bencana seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun sambaran petir...
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan sangat tinggi mengguyur tiga daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Dasarian II Juni 2022.

"Curah hujan dengan kategori sangat tinggi (lebih dari 300 milimeter) berpeluang melanda sebagian kecil Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara, dan Timor Tengah Selatan," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji ketika dihubungi dari Kupang, Sabtu, (11/6/2022).

"Curah hujan sangat tinggi berpotensi memicu terjadi bencana seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun sambaran petir," katanya.

Ia menjelaskan bahwa menurut peta prakiraan deterministik, pada pada Dasarian II Juni 2022 umumnya wilayah NTT akan mengalami curah hujan rendah (0-55 milimeter) dan hanya sebagian kecil wilayah yang diprakirakan mengalami curah hujan sangat tinggi.

Baca juga: BMKG : Wilayah sekitar Ramangaru alami HTH ekstrem panjang

Warga yang tinggal di daerah yang diprakirakan mengalami curah hujan sangat tinggi, menurut dia, bisa menampung air hujan untuk menambah persediaan air.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan-petir di NTT tiga hari ke depan

"Kondisi musim kemarau ini rawan terhadap krisis air bersih sehingga perlu persediaan air yang cukup agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi," katanya.