BMKGn peringatkan dampak gelombang Rossby Ekuator di NTT

id hujan deras NTT,gelombang rossby NTT,rossby ekuator,cuaca ekstrem NTT,BMKG,NTT

BMKGn peringatkan dampak gelombang Rossby Ekuator di NTT

Ilustrasi - Hujan deras mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Terdapat Rossby Ekuator yang meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah NTT sehingga berpotensi menimbulkan hujan
Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga deras di Nusa Tenggara Timur akibat fenomena gelombang Rossby Ekuator

"Terdapat Rossby Ekuator yang meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah NTT sehingga berpotensi menimbulkan hujan," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi ketika dikonfirmasi di Kupang, Jumat, (24/06/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT selama tiga hari ke depan (24-26 Juni).

Ia menjelaskan gelombang Rossby Ekuator merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang ekuator yang umumnya berlangsung selama 7-10 hari.

Sejumlah daerah di NTT yang berpotensi terdampak hujan yaitu Kabupaten Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Nagekeo, Ngada.

Selain itu Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Barat Daya, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang.

Agung mengatakan potensi hujan sedang hingga deras ini perlu diwaspadai karena dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

"Masyarakat di daerah berpotensi terdampak tetap terus meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir dampak kerugian akibat bencana," katanya.

Agung juga mempersilahkan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380) 881613 atau WhatsApp 081139404264.

Selain itu bisa melalui website meteoeltari.com, email met_kupang@yahoo.com, maupun aplikasi mobile INFO BMKG.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang 3,5 meter di selatan Kupang-Rote

Baca juga: BMKG fungsikan MAWS di Pelabuhan Multipurpose Labuan Bajo


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspadai potensi hujan di NTT akibat gelombang Rossby Ekuator