HUT TNI dipusatkan di pulau terselatan Indonesia

id Danrem

HUT TNI dipusatkan di pulau terselatan Indonesia

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa sedang memberikan keterangan pers terkait HUT TNI ke-73 di Kupang, Sabtu (29/9). (AntaraNews NTT Foto/Kornelis Kaha)

"Pelaksanaan HUT ke-73 TNI di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 5 Oktober 2018, akan dipusatkan di pulau terselatan Indonesia, Rote Ndao," kata Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.
Kupang (AntaraNews NTT) - Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan pelaksanaan HUT ke-73 TNI di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 5 Oktober 2018, akan dipusatkan di pulau terselatan Indonesia, Rote Ndao.

"Rote Ndao, pulau terselatan Indonesia yang merupakan bagian dari Kabupaten Rote Ndao, sekitar 40 mil dari Kupang itu, merupakan pilihan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jadi, HUT TNI nanti, kami pusatkan di pulau yang berbatasan langsung dengan Australia itu," kata Brigjen Muji Angkasa kepada Antara di Kupang, Sabtu (29/9).

Danrem Wirasakti menjelaskan pilihan Panglima TNI jatuh ke Pulau Rote sebagai pusat kegiatan HUT TNI ke-73, karena Pulau Rote merupakan salah satu pulau terdepan nusantara yang berbatasan dengan negara Australia.

"Tugas TNI saat ini adalah menjaga kawasan perbatasan mulai dari Sabang sampai Merauke, dan dari Miangas sampai Pulau Rote. Itu adalah batas-batas wilayah NKRI yang harus dijaga oleh TNI, dengan tetap berupaya menciptakan suasana yang kondusif di seluruh tapal batas negeri," katanya.

Jenderal berbintang satu itu menambahkan pelaksanaan HUT ke-73 TNI nanti di Pulau Rote, akan berlangsung sederhana, dengan inspektrur upacara Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.
Satgas Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Ndana Rote, Kabupaten Rote Ndao, NTT. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)