Warga Ende serahkan elang Flores ke BBKSDA

id NTT, Kota Kupang,elang predator,BTN Kelimutu

Warga Ende serahkan elang Flores ke BBKSDA

Seorang warga Ende menyerahkan seekor burung elang flores(Spizaetus Floris) kepada petugas BBKSDA Nusa Tenggara Timur (NTT) di Ende, Rabu (27/7/2022). FOTO ANTARA/HO-Dok TN Kelimutu)

Burung ini adalah burung endemik yang dipunyai oleh Indonesia khususnya di Pulau Flores
Kupang (ANTARA) - Seorang warga di Desa Nuaone, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyerahkan satu ekor elang flores (Spizaetus Floris) yang dilindungi kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) setelah ditemukan terjerat jeratan babi hutan.

Kepala Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu, Hendrikus Rani Siga saat dihubungi dari Kupang, Kamis, (28/7/2022) siang mengatakan bahwa elang flores adalah jenis burung pemangsa atau raptor.

"Burung ini adalah burung endemik yang dipunyai oleh Indonesia khususnya di Flores," katanya.

Burung elang flores ini, kata dia, kini terancam punah lantaran populasinya diperkirakan tidak melebihi 250 ekor sehingga masuk dalam daftar merah (IUCN Redlist) sebagai Critically Endangered (kritis).

Ia menjelaskan berdasarkan pengakuan dari warga yang menemukan diketahui jerat tersebut adalah jerat yang dipasangnya untuk menangkap babi hutan di kebunnya.

Namun saat memeriksa jerat tersebut justru mengenai burung elang tersebut.


Dengan adanya kesadaran masyarakat itu Hendrikus menilai bahwa masyarakat di daerah tersebut sudah mulai sadar bahwa hewan tersebut dilindungi.

Selama ini, katanya, sosialisasi terus dilakukan secara sporadis oleh petugas TN Kelimutu yg ada di resort-resort di setiap desa penyangga kawasan

"Burung itu nanti akan dilepas kembali ke alam bebasnya," katanya.

Untuk wilayah TN Kelimutu sendiri kini tercatat ada 13 indiviidu elang flores dan selalu dipantau keberadaaannya, demikian Hendrikus Rani Siga.

Baca juga: BTN Kelimutu terapkan pemesanan tiket daring bagi wisatawan

 Baca juga: BBKSDA NTT kembangkan penangkaran rusa Timur di Flores



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga di Ende serahkan elang flores kepada BBKSDA NTT