Bupati Mabar ajak warga jaga imunitas tubuh saat liburan

id covid-19,vaksinasi,vaksin covid-19,labuan bajo,manggarai barat,ntt,bupati manggarai barat,edistasius endi,bupati mabar,p

Bupati Mabar ajak warga jaga imunitas tubuh saat liburan

Warga Labuan Bajo mendapatkan suntikan vaksinasi COVID-19 dalam Wisata Vaksin di Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (9/7/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

"Pastikan masker itu harus dipakai untuk mencegah penularan COVID-19,
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Edistasius Endi mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh selama liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 agar terhindari dari risiko penularan penyakit.

"Kita memasuki momen liburan di tengah musim hujan. Jadi pastikan daya tahan tubuh kita kuat karena banyak potensi penyakit menular," kata Bupati Edistasius Endi di Labuan Bajo, Kamis (15/12).

Beberapa penyakit menular yang sering dijumpai saat musim hujan antara lain demam berdarah, diare, dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Atas kondisi ini, mantan anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat itu mengimbau warga untuk menjaga pola istirahat, mengonsumsi makanan bergizi, banyak meminum air putih, dan berolahraga untuk menjaga ketahanan tubuh.

Baca juga: Pemkab Nagekeo minta warga perkuat prokes saat liburan Natal
Baca juga: Artikel - Lanjutan PPKM untuk antisipasi laju COVID-19 akhir tahun


Pada kesempatan itu Bupati Edistasius juga mengajak masyarakat untuk tidak lengah dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini. Penerapan protokol kesehatan, katanya, sangat penting untuk mencegah risiko penularan saat berlibur. Apalagi momen liburan akan dipakai untuk mengunjungi sanak keluarga dan meningkatkan mobilitas masyarakat yang berpotensi terjadinya penularan COVID-19.

"Pastikan masker itu harus dipakai untuk mencegah penularan COVID-19," pintanya.

Selain penerapan protokol kesehatan, vaksinasi COVID-19 dari dosis satu hingga empat menjadi kunci utama untuk menekan kasus COVID-19. Bupati mengajak warga yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 untuk mendatangi fasilitas kesehatan yang ada. Vaksinasi COVID-19, katanya, dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus COVID-19.

"Kalau kita sudah divaksin, kita berlibur pun menjadi aman dan nyaman. Wisatawan yang mau berkunjung ke sini pun tidak ragu," katanya menjelaskan.