Menkominfo tekankan digitalisasi hilir di Manggarai Timur

id Menkominfo, kominfo, kementerian kominfo, kemenkominfo, bts, digital, borong, manggarai timur, ntt

Menkominfo tekankan digitalisasi hilir di Manggarai Timur

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan kunjungan kerja ke Borong, Manggarai Timur, NTT, Kamis (22/12/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Pembangunan infrastruktur yang maju ini harus diimbangi dengan pemanfaatan infrastruktur di sisi digital hilir. Itu bisa dilakukan dengan pemberdayaan sumber daya manusia...
Borong (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menekankan pentingnya menerapkan digitalisasi di hilir untuk mendukung pembangunan infrastruktur digital yang telah terbangun di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pembangunan infrastruktur yang maju ini harus diimbangi dengan pemanfaatan infrastruktur di sisi digital hilir. Itu bisa dilakukan dengan pemberdayaan sumber daya manusia," kata Menkominfo dalam kunjungan kerja ke Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Kamis, (22/12/2022).

Dia mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah berpesan agar akselerasi pembangunan infrastruktur digital harus diimbangi dengan hilirisasi atau pemanfaatan ruang digital.

Pemanfaatan itu, katanya, bisa dilakukan untuk layanan e-commerce, edutech, healthtech, dan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Dia melanjutkan digitalisasi hilir ini juga berkaitan dengan pemanfaatan program Smart City. Program ini tentunya bisa dimanfaatkan agar bisa tumbuh dan berkembang mendukung SPBE.

Untuk mendukung digitalisasi hilir itu, Menkominfo mengajak agar sumber daya manusia digital yang ada di daerah terlibat dalam berbagai pelatihan dari Kementerian Kominfo.

Melalui pelatihan digital yang ada, lanjutnya, maka pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat terus berjalan sehingga adanya pemanfaatan digital yang menyeluruh.

Selanjutnya Menkominfo berharap adanya kolaborasi dan koordinasi dari pemerintah daerah dan berbagai pemangku kepentingan agar dukungan terhadap pemberdayaan digital bisa terus ditingkatkan.

"Kami mendorong ASN dan masyarakat ikut pelatihan sehingga bisa gunakan infrastruktur digital dengan lebih maksimal sehingga bisa tingkatkan utilisasi back bone, akses internet, dan BTS yang ada," ucapnya.

Baca juga: Kemenkominfo perkuat digitalisasi desa wisata di Matim

Menkominfo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Timur secara khusus untuk pengecekan lapangan pembangunan infrastruktur base transceiver station (BTS) di Manggarai Timur.

Baca juga: Menkominfo minta kolaborasi pentahelix bangun pariwisata Manggarai Raya

Dari data BAKTI Kominfo, BTS di Manggarai Timur yang ditargetkan terbangun sebanyak 66 BTS. Dari jumlah itu, 53 BTS telah aktif (on air). "Sisa 13 BTS akan dilakukan paling lambat quartal pertama tahun 2023," ucap Menkominfo.