BPBD bersihkan material longsor di Manggarai Timur

id Bpbd, longsor, bencana, manggarai timur, ntt, flores

BPBD bersihkan material longsor di Manggarai Timur

Tim BPBD Manggarai Timur, NTT, melakukan penanganan pembersihan material longsor yang terjadi di Desa Kota Komba, Kecamatan Kota Komba, Kamis (19/1/2023). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Tim BPBD membersihkan material longsor dari kemarin sampai hari ini agar akses jalan bagi kendaraan roda dua dan empat kembali normal...
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, melakukan pembersihan material longsor di Desa Kota Komba, Kecamatan Kota Komba.

"Tim BPBD membersihkan material longsor dari kemarin sampai hari ini agar akses jalan bagi kendaraan roda dua dan empat kembali normal," kata Kepala Pelaksana BPBD Manggarai Timur Petrus Subin ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Jumat, (20/1/2023).

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Manggarai Timur, telah terjadi longsor di desa tersebut pada 18 Januari 2023 yang menyebabkan terhambatnya mobilisasi warga pada ruas jalan desa tersebut.

"Setelah melakukan identifikasi lapangan, petugas pun turun melakukan pembersihan material longsor sejak Kamis (19/1). Pembersihan material melibatkan pemerintah desa, aparat kepolisian, dan masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan Kota Komba merupakan satu dari beberapa lokasi yang terdata menjadi daerah rawan longsor. Apalagi, Manggarai Timur telah memasuki musim hujan sebagaimana kondisi cuaca yang dilaporkan oleh BMKG saat ini.

Untuk mengantisipasi berbagai potensi bencana hidrometeorologi yang sering terjadi saat musim hujan seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang, BPBD meminta warga proaktif mengambil langkah antisipasi.

Petrus mengingatkan warga untuk berhati-hati dan waspada saat bepergian dan melakukan aktivitas saat musim hujan. Hal ini dia sampaikan agar warga mengantisipasi potensi bencana yang terjadi saat hujan deras.

"Kami selalu siap siaga apabila ada laporan kejadian bencana. Namun, masyarakat juga harus waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas," katanya.

Baca juga: Cuaca ekstrem berpotensi landa wilayah NTT hingga 18 Januari

Baca juga: Empat jembatan di Kabupaten Kupang ambruk akibat banjir bandang


 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD lakukan pembersihan material longsor di Manggarai Timur
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2023