Pemkot Dorong Petani Beralih Ke Produk Organik

id Pemkot

Pemkot Dorong Petani Beralih Ke Produk Organik

Antara NTT (Antara)

Peluang usaha produk organik sangat besar karena kesadaran untuk hidup sehat melalui konsumsi makanan bebas zat kimia mulai meningkat di kalangan masyarakat Kota Kupang,
Kupang,  (ANTARA News NTT) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengajak petani dan pelaku usaha di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, memproduksi produk organik untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal.

"Peluang usaha produk organik sangat besar karena kesadaran untuk hidup sehat melalui konsumsi makanan bebas zat kimia mulai meningkat di kalangan masyarakat Kota Kupang," kata Kepala Dinas Perindustian dan Perdagangan Kota Kupang, Yeri Padji Kana kepada Antara di Kupang, Sabtu (29/12).

Yeri mengatakan, pemerintah Kota Kupang telah membangun satu unit pasar organik sebagai tempat pemasaran produk organik di ibu kota provinsi NTT itu.

Ia mengatakan, pasar organik yang dibangun dengan anggaran Rp700 juta sudah selesai dikerjakan dan diharapkan pada 2019 pasar telah dimanfaatkan untuk menjadi pusat perdagangan produk-produk oragnik.

Menurut Yeri, petani di Kota Kupang sudah mampu menghasilkan produk organik yang bermutu tinggi seperti sayuran, buah-buahan maupun jajajan yang bebas dari zat kimia untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Kota Kupang.

"Masyarakat Kota Kupang lebih berminat mengkonsumsi sayuran-sayuran maupun buah-buahan organik untuk kebutuhan rumah tangga karena bebas dari zat kimia. Kita berharap semakin banyak petani di Kota Kupang yang menjadi petani untuk produk organik," kata Yeri.

Ia optimistis transaksi perdagangan di pasar organik itu akan sangat ramai dengan beragamnya hasil produk-produk organik yang di pasaran di pasar organik pertama di Kota Kupang itu.

"Kami menyiapkan pasar khusus organik agar pedagangan secara kontinyu menjual produk-produk organiknya di pasar itu sehingga masyarakat tidak perlu mencari produk organik di supermarket di daerah ini," tegas Yeri.