Garuda siap layani penerbangan Kupang-Kalabahi

id Garuda

Garuda siap layani penerbangan Kupang-Kalabahi

GM Garuda Indonesia Cabang Kupang Yudi M Fulkan. (ANTARA Foto/ist)

Garuda Indonesia sedang menjajaki layanan penerbangan yang menghubungkan Kota Kupang dengan Kalabahi di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.
Kupang (ANTARA News NTT) - General Manager Garuda Indonesia Cabang Kupang, Yudi M Fulkan mengatakan pihaknya sedang menjajaki layanan penerbangan yang menghubungkan Kota Kupang dengan Kalabahi di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

"Saat ini kami sedang lakukan kajian dan negosiasi serta menjajaki untuk melayani lintas penerbangan Kupang-Kalabahi,," katanya ketika dihubungi Antara di Kupang, Kamis (10/1).

Ia mengatakan, target layanan rute penerbangan ini akan dioperasikan pada tahun ini, namun belum ditentukan pada bulan berapa.

Rencana layanan penerbangan ini, lanjutnya, akan dilakukan setiap hari dengan menggunakan pesawat jenis ATR.

Menurut Fulkan, rute penerbangan ini dijajaki karena mempertimbangkan aspek bisnis dan pariwisata yang cukup bagus. "Mudah-mudahan rute ini bisa kami layani di tahun 2019 ini," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan, pemerintah provinsi terus mendorong dukungan maskapai di Tanah Air untuk melayani penerbangan di daerah setempat.

Baca juga: Garuda hanya meraup keuntungan 10 persen dari GATF 2018
Garuda Indonesia siap melayani rute penerbangan Kupang-Kalabahi di Kabupaten Alor..
"Terutama yang dari Kota Kupang sebagai ibu kota provinsi dan pintu masuk ini kita harapakan terhubung dengan baik dengan daerah-daerah," katanya.

Menurutnya, saat ini konektivitas antarwilayah yang terhubung dengan trasnportasi udara sudah berkembang secara siginifikan karena semua daerah telah terhubung.

Hanya saja, lanjutnya, untuk daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sudah terkenal perlu didukung dengan hadirnya layanan penerbangan yang lebih memadai.

"Seperti di Alor yang memiliki taman laut, di Rote ada tempat berselancar yang sudah mendunia, wisata Kelabba Maja di Sabu, di Sumba, dan lainnya kita harapkan ini semakin mudah dijangkau wisatawan yang masuk melalui Kota Kupang," katanya.

Baca juga: Pemkab Sikka minta Garuda layani Kupang-Maumere
Baca juga: Garuda buka penerbangan tambahan Kupang-Makassar