Kepala Basarnas pantau kesiapan tim SAR hadapi KTT ASEAN

id NTT,basarnas,KTT ASEAN,Labuan Bajo

Kepala Basarnas pantau kesiapan tim SAR hadapi KTT ASEAN

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi (tengah) saat memantau kesiapan tim SAR dalam menghadapi KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (7/5). (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)

...Kepada seluruh personel yang ikut terlibat dalam pelaksanaan KTT ASEAN terkhusus pada Satgas Pelabuhan (Tim Rescue Kantor SAR Maumere-Pos SAR Manggarai Barat) dan Satgas Udara (Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan-BSG Basarnas) junjung jiwa disi
Kupang (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi memantau secara langsung kesiapsiagaan tim Basarnas dalam menghadapi pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kunjungan kerja ini untuk melakukan pengecekan kesiapan personel Kantor SAR Maumere dan Pos SAR Manggarai Barat serta alat angkut dalam mendukung pengamanan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo yang berlangsung pada tanggal 9-11 Mei 2023," kata Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi seperti dalam keterangan tertulis Humas Basarnas Maumere yang diterima di Kupang, Senin, (8.5/2023).

Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi berharap kepada seluruh anggota Basarnas yang ikut pengamanan KTT ASEAN untuk melaksanakan tugas secara baik dan profesional.

Basarnas membentuk dua Satgas dalam pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat yaitu Satgas Pelabuhan terdiri atas tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere dan Pos SAR Manggarai Barat dan Satgas Udara terdiri dari unsur Basarnas Pusat.

“Kepada seluruh personel yang ikut terlibat dalam pelaksanaan KTT ASEAN terkhusus pada Satgas Pelabuhan (Tim Rescue Kantor SAR Maumere-Pos SAR Manggarai Barat) dan Satgas Udara (Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan-BSG Basarnas) junjung jiwa disiplin serta tingkatkan koordinasi dan kerja sama dalam mengemban tugas tersebut," kata dia.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi secara langsung melakukan pengecekan alat angkut yang dimiliki Pos SAR Manggarai Barat, RIB Pos SAR Manggarai Barat dan Kapal Negara SAR Puntadewa 250.

Ia mengatakan alat angkut yang dilibatkan dalam pengamanan KTT ASEAN yang berlangsung 9-11 Mei 2023 yaitu 2 unit RIB Pos SAR Manggarai Barat yang siap ditempatkan di Pelabuhan Marina dan Dermaga Wae Kelambu.

Sementara Satgas Udara Basarnas mengerahkan alat angkut Heli Dauphin HR 3606 Basarnas yang berada di Helipad Plataran Badadara Udara Komodo.

Baca juga: Siaga SAR Khusus KTT ASEAN di Labuan Bajo

Baca juga: SAR evakuasi sembilan pemudik dari perairan Pulau Pemana NTT



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kepala Basarnas pantau kesiapan tim SAR menghadapi KTT ASEAN