Ratusan personel TNI pengamanan KTT ASEAN tiba di Kupang

id NTT,Kota Kupang,KTT ASEAN,Labuan bajo,TNI AD

Ratusan personel TNI pengamanan KTT ASEAN tiba di Kupang

Sejumlah personel TNI AD turun dari KRI Banjarmasin 592 yang tiba di Dermaga Tenau Kupang, NTT, Sabtu (13/5/2023) malam. .ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Sejumlah personel yang kembali ini sama seperti yang sebelumnya berangkat yakni dari satuan pengamanan wilayah dan satgas evakuasi yang mengamankan jalannya KTT ASEAN,...
Kupang (ANTARA) - Ratusan personel TNI AD daratan pulau Timor yang bertugas mengamankan pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur kembali ke Kupang.

Pjs Kepala Penerangan Korem 161/Wira Sakti Mayor Inf Arwan Minarta ditemui di dermaga Tenau Kupang, Sabtu, (13/5/2023) malam usai turun dari KRI Banjarmasin 592 mengatakan bahwa sejumlah personel TNI AD di daratan pulau Timor itu akan langsung dikembalikan ke satuannya masing-masing.

“Sejumlah personel yang kembali ini sama seperti yang sebelumnya berangkat yakni dari satuan pengamanan wilayah dan satgas evakuasi yang mengamankan jalannya KTT ASEAN,” katanya.

Dia mengatakan bahwa Satgas Panwil dan satgas evakuasi KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo dari pulau Timor itu terdiri dari satuan Makorem 161/Wira Sakti, Kodim 1604/Kupang, Kodim 1605/Belu, Kodim 1618/TTU serta Kodim 1621/TTS,.

Selain itu juga ada tim tim Intel, Brigif 21/Komodo, Yonif RK 744/SYB, Yonif 743/PSY, Yon Armed 20/GS, Yon Arhanud 9/AWJ, Kikav 2 Denkav 4, Ki C Yon Zipur 18, serta Balak Aju Kodam IX/Udayana terdiri dari Denbekang IX-44-01 Kupang, Denpom IX/1 Kupang, Denkesyah 09.04.01 Kupang,.

Kemudian juga Denhubrem 161/Wira Sakti, Denpal IX/1 Kupang, Denzibang 1/IX Kupang dan Ajenrem 161/Wira Sakti.

Selain personel TNI AD yang kembali ke Kupang, sejumlah kendaraan yang dibawa oleh KRI Banjarmasin juga dikembalikan ke Kupang. Namun loading penurunan kendaraan milik TNI AD tersebut belum bisa dilakukan karena kendala air laut yang sedang surut.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menilai bahwa rangkaian KTT Ke-42 ASEAN telah terlaksana sejak tanggal 8 Mei sampai 11 Mei 2023. Kegiatan dimulai dari kedatangan para delegasi, kedatangan para kepala negara, pertemuan bilateral, pelayaran kepala negara menikmati sunset, makan malam, puncak KTT, hingga kepulangan kepala negara, dan delegasi.

Menurut dia, acara itu dinyatakan sukses dan aman karena tidak ada ancaman baik dari luar maupun dalam serta tidak ada hambatan dan rintangan selama proses pengamanan KTT Ke-42 ASEAN tersebut.

Yudo memberikan apresiasi kepada 12 ribu personel TNI dan Polri yang telah menjalankan tugas pengamanan dengan baik.



Baca juga: Panglima TNI: KTT ASEAN berjalan aman dan lancar

Baca juga: Residents help maintain security during ASEAN Summit: TNI Commander