Dinkes Mabar buat inovasi sistem informasi pangan aman

id Pangan, keamanan pangan, dinas kesehatan, si paman, sistem informasi pangan, labuan bajo, manggarai barat, ntt, flores

Dinkes Mabar buat inovasi sistem informasi pangan aman

Ilustrasi - Cabai merah. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...SI PAMAN ini bertujuan untuk memastikan masyarakat termasuk pelaku usaha industri rumah tangga dapat mengakses informasi tentang keamanan produk pangan industri rumah tangga
Labuan Bajo (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, membuat sebuah inovasi Sistem Informasi Pangan Aman yang diberi nama "SI PAMAN" untuk kemudahan akses informasi keamanan produk pangan industri rumah tangga.

"SI PAMAN ini bertujuan untuk memastikan masyarakat termasuk pelaku usaha industri rumah tangga dapat mengakses informasi tentang keamanan produk pangan industri rumah tangga," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Mami di Labuan Bajo, Kamis, (27/7/2023).

SI PAMAN merupakan sebuah inovasi teknologi informasi terkini dan data produk pangan industri rumah tangga.

Data yang disajikan tersebut real time untuk informasi yang akurat dan tepat waktu bagi pelaku usaha industri rumah tangga dan masyarakat umum di Manggarai Barat.

Dalam SI PAMAN, ada fitur "Laporan Kualitas Pangan" yang bisa digunakan oleh masyarakat yang menemukan produk pangan tidak aman atau berkualitas buruk.

Laporan dari masyarakat dalam fitur tersebut siap ditindaklanjuti oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat untuk proses identifikasi masalah.

Selanjutnya dinas terkait juga melakukan pengawasan kualitas pangan secara cepat dan tepat untuk menjaga keamanan konsumen dan citra pangan.

Lebih lanjut Paulus menjelaskan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat melakukan optimalisasi penyuluhan keamanan pangan bagi penanggung jawab Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) melalui SI PAMAN dalam rangka percepatan sertifikasi pangan industri rumah tangga di Kabupaten Manggarai Barat.


Baca juga: Pemkab Mabar ajak warga perbarui data penurunan stunting

Optimalisasi itu tersedia dalam teknologi digital Google Sites dengan branding SI PAMAN dan akan diinformasikan ke media sosial seperti whatsapp group, facebook, dan instagram agar penanggung jawab dan atau pemilik IRTP di Manggarai Barat serta masyarakat pada umumnya dapat mengakses informasi dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Mabar siapkan SDM berkualitas untuk pariwisata Labuan Bajo

Mereka pun dapat mengikuti kegiatan penyuluhan keamanan pangan sebagai persyaratan dasar dalam mengajukan proses penerbitan izin atau sertifikasi produk yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu Terpadu Kabupaten Manggarai Barat.

"Sehingga mereka bisa mengerti dan memahami tentang keamanan pangan," katanya.