MUI sebut kebebasan beribadah hak yang dilindungi konstitusi

id MUI,Anwar Abbas,BNPT,Radikalisme,Intoleran

MUI sebut kebebasan beribadah hak yang dilindungi konstitusi

Ilustrasi - Buya Anwar Abbas didampingi tim penasihat hukumnya memberikan keterangan kepada wartawan saat hendak menemui Panji Gumilang di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (31/8/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

...Kebebasan beribadah dan berpendapat di Indonesia sudah merupakan sebuah hak yang dilindungi oleh konstitusi, kata Anwar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, (5/9/2023)  
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan kebebasan dalam beribadah dan berpendapat di Indonesia merupakan hak yang dilindungi oleh konstitusi.
 
"Kebebasan beribadah dan berpendapat di Indonesia sudah merupakan sebuah hak yang dilindungi oleh konstitusi," kata Anwar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, (5/9/2023).
 
Pernyataan tersebut diungkapkannya dalam menanggapi usulan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel terkait mekanisme kontrol rumah ibadah di Indonesia.
 
Anwar mengungkapkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 29 ayat 2 telah mengatakan bahwa Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya.
 
Selain itu, dia juga mengungkapkan UUD 1945 Pasal 28E ayat 3 telah mengatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.
 
"Hal tersebut mengedepankan pendekatan security approach dan mengabaikan pendekatan yang lebih bersifat dialogis, objektif, dan rasional," ujarnya yang juga Ketua PP Muhammadiyah bidang UMKM, Pemberdayaan Masyarakat, dan Lingkungan Hidup tersebut.
 
Oleh karena itu, Anwar mengusulkan agar penanggulangan sikap radikalisme dan intoleran dilaksanakan dengan cara yang lain, bukan menggunakan mekanisme kontrol rumah ibadah.
 
Menurutnya, cara tersebut kurang sesuai dengan semangat demokrasi yang telah diperjuangkan oleh Bangsa Indonesia selama ini.
 
Atas hal tersebut, Anwar Abbas mendorong BNPT agar melakukan cara yang lebih sesuai dengan jiwa dan falsafah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu Pancasila dan UUD 1945.*


Baca juga: Telaah - Tahun politik, potensi radikalisme dan pencegahan

Baca juga: Polri: Arahan Presiden jadi pedoman mitigasi radikalisme



 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: MUI: Kebebasan beribadah adalah hak yang dilindungi konstitusi