Pemprov NTT gelar rapat persiapan hari maritim nasional

id NTT,hari maritim,hari maritim nasioanal

Pemprov NTT gelar rapat persiapan hari maritim nasional

Penjabat Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Ayodhia G. L. Kalake (tengah) melakukan rapat persiapan pelaksanaan perayaan puncak Hari Maritim Nasional ke-59 yang dilaksanakan di Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal ) VII Kupang pada Kamis (12/10). (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT)

Kemudian diikuti pemberian penghargaan kepada pahlawan maritim yakni Laksamana Malahayati yang telah ditetapkan oleh Presiden menjadi pahlawan maritim nasional...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan rapat persiapan pelaksanaan perayaan puncak Hari Maritim Nasional ke-59 yang dilaksanakan di Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal ) VII Kupang, Kamis, (12/10/2023).

Rapat dilaksanakan secara virtual dipimpin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dihadiri Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, Kepala Biro Komunikasi Kemenkomarvest Andreas Dipi Patria, Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna, jajaran Forkopimda, dan juga Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kesempatan itu meminta kerja sama semua pihak untuk mendukung kelancaran acara tersebut.

"Kita harapkan perayaan HMN dapat berjalan lancar dengan kerja sama yang baik dari kita semua. Kita harus punya semangat baik agar menjalankan acara yang besar ini. Ini bentuk pengabdian kita dalam momentum yang luar biasa dan bermartabat ini, kami berharap acaranya terbuka untuk masyarakat agar bisa datang dalam acara ini," kata Menteri Budi Karya Sumadi.

Sementara itu Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake mengatakan, terdapat beberapa acara yang dilaksanakan pada acara puncak Hari Maritim Nasional tahun 2023 dengan melibatkan mahasiswa dan juga pelajar.

"Untuk lokasinya berada di Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal) VII Kupang. Untuk beberapa acaranya turut melibatkan unsur masyarakat khususnya para nelayan termasuk para mahasiswa dan pelajar. Jadi ada beberapa lomba yang melibatkan para nelayan seperti lomba hias perahu dan beberapa kegiatan lainnya," katanya.

Ia mengatakan perayaan hari maritim nasional juga dimeriahkan dengan kehadiran 40-an UMKM.

Kepala Biro Komunikasi Kemenkomarvest Andreas Dipi Patria menegaskan pelaksanaan perayaan Hari Maritim Nasional ini mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 249 Tahun 1964 yang menetapkan 23 September sebagai Hari Maritim Nasional.

Pihaknya telah menyiapkan hal-hal pendukung untuk puncak perayaan hari maritim tahun 2023 ini di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ia menambahkan Perayaan Hari Maritim Nasional kali ini mengangkat tema Pembangunan Negara Kepulauan Berwawasan Nusantara Menuju Indonesia Emas 2045 dan mengusung slogan Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju.

"Kita rencanakan acara dimulai pada besok pukul 09.55 WITA. Acara ini akan diawali dengan penampilan marching band dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang dan juga pentas seni tradisional Tarian Hantama oleh UPTD Taman Budaya sebagai penyambutan kedatangan para tamu undangan," ungkapnya.

Ia menjelaskan Menteri Perhubungan (mewakili Menkomarvest) akan memberikan sambutan dalam kegiatan berlangsung di Kota Kupang itu.

Andreas mengutarakan, acara dilanjutkan dengan penayangan video buku Produk Domestik Bruto (PDB) Maritim. PDB Maritim merupakan produk ekonomi maritim yang akan dijadikan indikator nasional untuk pembangunan kemaritiman dalam RPJPN tahun 2025 – 2045, buku tersebut akan diserahkan oleh perwakilan BPS kepada Menteri Perhubungan.

Selain itu Juga ada pemberian penghargaan oleh Menteri Perhubungan kepada 4 K/L, BUMN dan PROSPERA (atas kontribusi dalam pembangunan ekonomi maritim), serta apresiasi kepada PT Pelindo sebagai salah satu elemen yang telah ikut serta dalam mendorong pembangunan konektivitas kemaritiman dan juga distribusi ekonomi.

"Kemudian diikuti pemberian penghargaan kepada pahlawan maritim yakni Laksamana Malahayati yang telah ditetapkan oleh Presiden menjadi pahlawan maritim nasional. Dilanjutkan dengan acara hiburan yaitu parade 40 kapal tradisional nelayan, dan juga pemberian hadiah kepada juara lomba kapal hias, dilanjutkan dengan kunjungan para pelajar ke Kapal Perang TNI Angkatan Laut. Dan semua perayaan HMN ini akan disiarkan secara live streaming youtube agar masyarakat bisa turut menyaksikan acara ini." Jelas Andreas.

Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna dalam kesempatan itu mengungkapkan Lantamal VII Kupang siap mensukseskan acara puncak HMN 2023.

"Kami telah mempersiapkan tempat sebagai lokasi penyelenggaraan. Lokasi sudah siap dan tenda serta perlengkapan telah terpasang semuanya. Terkait kapal-kapal yang akan parade kami juga telah berkoordinasi dengan baik dan kami juga turut ikut dalam parade," kata Danlantamal VII Kupang.

Baca juga: PSDKP sebut masih ada nelayan NTT yang langar batas negara

"Kapal Perang saat ini sudah bersandar di Mako Lantamal VII Kupang dan dapat dikunjungi oleh pelajar dan juga masyarakat umum. Keamanan pelaksanaan juga telah kita koordinasikan dengan baik agar terlaksana dengan aman dan lancar. Daya listrik dan jaringan telekomunikasi juga sudah disiapkan dengan baik. Kami akan dukung sepenuhnya dan memberikan yang terbaik," kata Danlantamal.

Baca juga: BPOLBF sebut Festival Maritim Labuan Bajo 2023 melibatkan pelaku UMKM