Polda NTT patroli dialogis jaga keamanan pemilu 2024

id NTT,patroli dialogis,pemilu 2024,bawaslu ntt

Polda NTT patroli dialogis jaga keamanan pemilu 2024

Aparat Kepolisian dari Polda Nusa Tenggara Timur melakukan kegiatan patroli dialogis ke sejumpah partai politik guna memantau situasi keamanan menjelang pemilu 2024, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Polda NTT)

Tujuan dari dialog ini adalah untuk membangun hubungan yang baik antara aparat kepolisian dan partai politik serta memastikan kesiapan semua pihak dalam menghadapi Pemilu 2024...
Kupang (ANTARA) - Aparat Kepolisian dari Satuan Tugas Pengamanan Obyek Penting Pemilu melakukan patroli dialogis ke sejumlah sekretariat Partai Politik termasuk Komisi Pemilihan Umum(KPU) dan Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) guna memantau situasi keamanan menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kegiatan patroli dialogis yang dilakukan aparat Kepolisian ke sejumlah sekretariat Partai Politik peserta pemilu 2024 untuk memastikan kondisi keamanan di sekretariat partai politik peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu 2024," kata Kanit 3 Turjawali Ditsamapta Polda NTT, Ipda R. Allen Farchi di Kupang, Rabu, (1/11/2023).

Anggota Kepolisian dari Satgas PAM Obyek Penting Pemilu melakukan patroli dialogis yang dimulai pada pukul 10.00 hingga 13.45 Wita dengan mendatangi Kantor Sekretariat Partai Buruh, PDIP dan Golongan Karya.

"Tujuan dari dialog ini adalah untuk membangun hubungan yang baik antara aparat kepolisian dan partai politik serta memastikan kesiapan semua pihak dalam menghadapi Pemilu 2024," kata Ipda R. Allen Farchi.

Kegiatan patroli juga menyasar kantor KPU dan Kantor Bawaslu Provinsi NTT yang rutin dilakukan setiap hari.

"Berdasarkan hasil pemantauan kami situasi terpantau aman dan kondusif," kata Ipda R. Allen Farchi.

Ipda R. Allen Farchi menjelaskan bahwa patroli dialogis merupakan bagian dari upaya untuk memantau dan menjaga keamanan serta kelancaran pelaksanaan Pemilu.

Ia mengatakan melalui dialog dengan pihak-pihak terkait, termasuk partai politik, KPU dan Banwaslu diharapkan dapat tercipta lingkungan yang aman dan kondusif dalam melewati semua pemilu 2024.

Selain itu, kegiatan patroli dialogis ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi potensi masalah atau permasalahan yang mungkin muncul dan dapat segera diatasi sehingga dapat diantisipasi secara dini demi menjaga kelancaran Pemilu 2024.

Ipda R. Allen Farchi menambahkan melalui kerjasama antara pihak keamanan dan pemangku kepentingan terkait maka diharapkan semua pihak dapat berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi tanpa adanya gangguan atau ketegangan yang merugikan proses Pemilu.



Baca juga: Kapolres Sumba Barat ajak warga jaga kamtibmas jelang pemilu 2024

Baca juga: Adian Napitupulu buka suara soal sikap Jokowi