PVMBG imbau pendaki waspada jauhi Gunung Api Lewotobi

id Gunung api, lewotobi, waspada, flores timur, ntt, flores

PVMBG imbau pendaki waspada jauhi Gunung Api Lewotobi

Gunung Api Lewotobi Perempuan dan Laki-laki di Flores Timur, NTT yang naik status dari Normal ke Waspada. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

...Kami imbau pendaki untuk tidak mendaki ke kawah gunung atau beraktivitas hingga dua kilometer dari kawah gunung, kata Kepala Balai Pemantau Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Raja dari Kabupaten Nagekeo, Senin, (
Kupang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau pendaki untuk tidak melakukan aktivitas atau berada dalam radius dua kilo meter dari pusat kawah Gunung Api Lewotobi Perempuan dan Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) karena status dua gunung itu yang telah naik dari level I atau Normal ke level II atau Waspada.
 
"Kami imbau pendaki untuk tidak mendaki ke kawah gunung atau beraktivitas hingga dua kilometer dari kawah gunung," kata Kepala Balai Pemantau Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Raja dari Kabupaten Nagekeo, Senin, (18/12/2023).
 
Kenaikan status itu dipengaruhi adanya peningkatan aktivitas magma yang ditunjukkan dengan naik frekuensi gempa vulkanik yang cukup signifikan.
 
Dari evaluasi hingga tanggal 17 Desember 2023, ada gempa vulkanik dalam dan vulkanik dangkal disertai munculnya gempa-gempa Tornilo yang mengindikasikan adanya pergerakan fluida.
 
Atas kondisi itu, Zakarias berpesan agar masyarakat terutama pendaki untuk tidak mendekati kawah yang berada di puncak gunung.

Hal itu dia tegaskan agar masyarakat dijauhkan dari potensi bahaya erupsi berupa abu vulkanik, awan panas, serta gas beracun yang keluar
 
Menjauhi gunung api dengan radius dua kilo meter, katanya adalah mitigasi yang harus dilakukan saat ini ketika gunung berstatus level II Waspada untuk menghindarkan diri dari bahaya.

"Kita bisa mengetahui pergerakan magma dari sumber magma melalui frekuensi gempa vulkanik namun kecepatan pergerakan magma yang secara tiba-tiba di perut bumi sangat susah diantisipasi, sehingga kalau tiba-tiba erupsi maka susah untuk menghindar," ucapnya.
 
Dengan naiknya status gunung api itu, kini jumlah gunung api dengan level Waspada di NTT berjumlah empat gunung api yakni Ile Lewotolok di Lembata, Inielika di Ngada, serta Lewotobi Perempuan dan Laki-laki di Flores Timur.
 
Meski telah naik status, namun dia tetap mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai isu yang tidak jelas sumbernya.
 
Tingkat aktivitas gunung api pun akan dievaluasi secara berkala apabila terjadi perubahan aktivitas yang signifikan.

Baca juga: PVMBG catat 464 kali erupsi Gunung Ile Lewotolok selama bulan November

Baca juga: SAR: 12 pendaki Gunung Marapi belum ditemukan

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PVMBG imbau pendaki waspada jauhi Gunung Api Lewotobi di Flores Timur