Kemensos berikan bantuan rumah untuk penyintas bencana Malaka

id bantuan kementerian sosial,bantuan korban seroja,korban seroja di malaka

Kemensos berikan bantuan rumah untuk penyintas bencana Malaka

Rumah sederhana terpadu bagi warga yang kehilangan tempat tinggal akibat Badai Seroja pada 2021 di Perbatasan Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (18/12/2023). (ANTARA/Devi Nindy)

...Kami menangani masalah TPPO, ternyata di Malaka banyak dari korbannya. Kenapa salah satu program kami pemberdayaan, untuk menangani supaya tidak terjadi korban TPPO
Kabupaten Malaka (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan berupa rumah sederhana terpadu bagi penyintas bencana yang terjadi akibat terjangan Badai Seroja tahun 2021 di Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menteri Sosial Tri Rismaharini di Malaka, Senin (18/12), menyampaikan bahwa pemerintah memberikan 20 rumah kepada 20 keluarga yang terdampak Badai Seroja di daerah itu.

Rumah sederhana tahan gempa yang disediakan bagi penyintas Badai Seroja di Jalan Betun, Perbatasan Desa Alas Selatan, berukuran 6x6 meter serta memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu dapur.

Selain menyediakan bantuan hunian, Kemensos memberikan bantuan usaha kepada warga yang terdampak Badai Seroja.

Bantuan usaha pertanian diberikan pada sembilan orang, bantuan usaha ternak kambing untuk satu orang, bantuan usaha ternak ayam potong bagi satu orang, bantuan usaha tata boga untuk satu orang, dan bantuan usaha salon bagi satu orang.

Selanjutnya, ada bantuan usaha cuci motor kepada satu orang, bantuan usaha pertukangan bagi satu orang, bantuan mesin jahit bagi dua orang, bantuan usaha kios bagi satu orang, serta bantuan perahu dan mesin bagi dua orang.

Kemensos juga memberikan bantuan berupa 3.000 bibit ayam petelur dan persediaan lumbung sosial senilai Rp369,9 juta untuk disalurkan kepada warga di Kabupaten Malaka.

Menteri Sosial menyampaikan bahwa pemerintah menjalankan program pemberdayaan di daerah perbatasan, tertinggal, terpencil, dan terluar guna mencegah warga menempuh jalan ilegal untuk bekerja di luar negeri dan menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

"Kami menangani masalah TPPO, ternyata di Malaka banyak dari korbannya. Kenapa salah satu program kami pemberdayaan, untuk menangani supaya tidak terjadi korban TPPO," katanya.

Baca juga: Pemkab Kupang tunggu putusan pusat terkait penyaluran dana bagi penyintas Seroja

Baca juga: Warga Kabupaten Kupang mengeluh belum menerima dana bencana seroja










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos berikan bantuan rumah bagi penyintas bencana di Malaka