TNI-Polri gelar patroli malam di Labuan Bajo dukung tahapan pemilu

id Personel Gabungan, TNI-Polri, Labuan Bajo, Patroli Malam,Kabupaten Manggarai Barat, Kabag Ops Polres Manggarai Barat, Ko

TNI-Polri gelar  patroli malam di Labuan Bajo dukung tahapan pemilu

Apel bersama personel gabungan TNI-Polri sebelum melakukan patroli malam di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. (ANTARA/HO-Humas Polres Manggarai Barat)

Petugas gabungan juga dilengkapi dengan kelengkapan inventaris dinas untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat...
Labuan Bajo (ANTARA) - Personel gabungan TNI-Polri rutin menggelar patroli malam di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif dan mendukung pelaksanaan tahapan pemilu 2024 di daerah itu.

"Petugas gabungan juga dilengkapi dengan kelengkapan inventaris dinas untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat," kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Manggarai Barat Kompol Roberth M Bole dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Minggu (18/2/2024).

Dia menjelaskan puluhan personel gabungan tersebut terdiri dari personil Koramil 1612-02/Komodo, Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo dan Polres Manggarai Barat.

"Kegiatan patroli ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara TNI-Polri dalam mengawal kelancaran proses pemilu yang aman, damai dan sejuk," katanya.

Dia menjelaskan puluhan personel gabungan TNI-Polri berkeliling untuk mengamankan seluruh wilayah di Manggarai Barat dari gangguan kamtibmas.

Adapun sasaran patroli malam selain kantor Kecamatan Komodo, juga pihaknya mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta objek vital lain yang terkait dengan pelaksanaan pemilu.

"Kami keliling terus, memastikan seluruh lokasi aman. Jadi bila ada konflik, secepatnya bisa ke lokasi," jelasnya.

Tak hanya petugas gabungan yang melaksanakan patroli, lanjut dia, pasca pemilu sejumlah petugas TNI dan kepolisian juga disebar untuk mengamankan pemungutan dan penghitungan suara hingga perekapan suara, mulai dari TPS (Tempat Pemungutan Suara) sampai dikumpulkan di kantor kecamatan.

"Setiap kecamatan ada ratusan personil TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan. Sampai hari ini, personil yang sebelumnya jaga TPS juga masih lanjut mengamankan di PPK," katanya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh peserta pemilu di Kabupaten Manggarai Barat, agar siap mendukung siapapun pemenangnya untuk menghindari konflik yang dapat mengganggu kamtibmas setelah pemilihan umum. Bagi siapapun yang terpilih nantinya, dia berharap, akan membawa bangsa dan negara Indonesia ke arah yang lebih baik lagi untuk lima tahun ke depan.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas keamanan daerah. Silahkan menunggu hasil penghitungan suara yang ditetapkan oleh KPU, namun diharapkan tetap tertib dan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing," katanya.

Dia juga mengimbau mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu 2024 ini.

Baca juga: Frans Teguh sebut BPOLBF terbuka jalin kerja sama dengan investor lokal

Baca juga: BPOLBF perkuat kolaborasi melalui pertemuan lintas stakeholder


"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung dan menjaga kondusifitas, sehingga pelaksanaan pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Baca juga: Prabowo-Gibran unggul dalam perhitungan sementara di NTT

Baca juga: Seorang ketua KPPS di NTT meninggal