BPOLBF-Dispar NTT kolaborasi tingkatkan kompetensi Kadispar di NTT

id BPOLBF, Disparekraf Provinsi NTT, Direktur Utama BPOLBF, Frans Teguh, kompetensi, kepariwisataan,Pelatihan Eksekutif

BPOLBF-Dispar NTT kolaborasi tingkatkan kompetensi Kadispar di NTT

Plt Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh (ANTARA/HO-Gecio Viana)

Program ini kami maksudkan agar ada peningkatan kompetensi dalam pengelolaan pariwisata di daerah...
Labuan Bajo (ANTARA) -
Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meningkatkan kompetensi kepariwisataan para kepala dinas dan sekretaris dinas pariwisata dari 22 kota/kabupaten di daerah itu. 
 
"Pelatihan Eksekutif (Executive Training) Kepariwisataan untuk seluruh kepala dinas pariwisata dan sekretaris dinas pariwisata di 22 kabupaten/kota di NTT  akan diselenggarakan di Labuan Bajo pada 5-8 Maret 2024 mendatang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh dalam keterangan yang diterima di Denpasar, Bali, Senin (4/3/2024). 
 
Dia menjelaskan program yang diinisiatif BPOLBF dan Disparekraf Provinsi NTT bertujuan meningkatkan kompetensi para stakeholder terkait di bidang kepariwisataan dan sekaligus dapat menjadikan forum ini sebagai ruang untuk saling berdiskusi dan bertukar pendapat sesama peserta maupun dengan para narasumber. 
 
"Program ini kami maksudkan agar ada peningkatan kompetensi dalam pengelolaan pariwisata di daerah," katanya. 
 
Menurut dia para peserta kegiatan akan mendapatkan penguatan nilai inovasi pariwisata, penguatan orkestrasi pariwisata dan sinergi pengelolaan destinasi sesuai dengan kapasitas, potensi dan siklus pengembangan destinasi di masing-masing daerah. 
 
"Kami juga berharap agar forum ini nantinya juga dimanfaatkan peserta untuk dapat saling berdiskusi baik dengan sesama peserta dari berbagai kabupaten di NTT maupun dengan para narasumber," katanya. 
 
Kegiatan yang akan diadakan selama 4 hari di Ibukota Kabupaten Manggarai Barat ini, lanjut dia, berlangsung secara tata muka dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang merupakan praktisi dan pakar di bidangnya.
 
Dia menjelaskan peserta kegiatan akan melakukan berbagai aktivitas pelatihan yang menarik dengan berbagai materi yang dapat menambah kompetensi serta keterampilan kepariwisataan. 
 
Dia menambahkan beberapa modul yang akan disampaikan dalam pelatihan antara lain tentang ekosistem, perencanaan dan desain pariwisata; destinasi, produk dan pasar dalam pariwisata; peningkatan inovasi, kreativitas, dan digitalisasi; layanan kepariwisataan; strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan dan investasi; tata kelola destinasi; dan strategi peningkatan peran serta masyarakat dan stakeholder dalam pembangunan pariwisata. 
 
"Forum pelatihan akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI," katanya. 
 
Lebih lanjut, berbagai perkembangan informasi narasumber dan aktivitas selama kegiatan ini akan diupdate secara berkala melalui kanal instagram @bpolbf.


Baca juga: BPOLBF paparkan 46 event tahun 2024 di Floratama

Baca juga: Badan Otorita Labuan Bajo luncurkan "Calendar of Events" 2024

Baca juga: Plt Dirut BPOLBF tekankan spirit kolaborasi bangun pariwisata NTT

Baca juga: Badan Otorita ajak investor lokal bangun Parapuar Labuan Bajo